Pesisir Pantura Ditanami Ribuan Pohon Cemara

kotatuban.com – Pesisir pantai utara (pantura) sepanjang 15 km di wilayah Kecamatan Bancar dianami tdak kurang dari 5000 pohon cemara. Kegiatan penghijauan ini sebagai upaya untuk menjaga lingkungan, utamanya lingkungan pesisir.

“Menjaga kelestarian lingkungan itu sangat penting termasuk linkungan pesisir,” terang Bupati Tuban Fathul Huda.

Penegasan itu disampaikan bupati saat menghadiri kegiatan bhakti sosial dengan menanam pohon Cemara di sepanjang pesisir pantai Desa Margosuko, Kecamatan Bancar Tuban, Jumat (06/04).

Kabupaten Tuban memiliki panjang pantai kurang lebih 65 km dari wilayah Kecamatan Palang yang berbatasan dengan Kabupaten Laomngan hingga wilayah Kecamatan Bancar yang berbatasan dengan Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

“Wilayah pantai tersebut harus diamankan dari abrasi. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penanaman pohon” ungkap Bupati Tuban.

Lebih lanjut, bupati berharap pihak terkait, Polisi dan TNI AL dan AD serta masyarakat untuk bersama-bersama mengawasi wilayah pesisir.

“Jangan sampai wilayah pesisir menjadi jalur tikus untuk penyelundupan, penyebaran, dan peredaran gelap narkoba,” tegas bupati.

Kegiatan yang dihadiri Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang Lantamal V, Dandim 0811/Tuban, dan Kapolres ini menjadi bukti keberagaman dan kebersamaan di Kabupaten Tuban.

“Kegiatan ini menjadi bukti dan contoh kerukunan yang sangat dibutuhkan masyarakat saat,” imbuh bupati.

Pada kesempatan ini, Bupati menyampaikan apresiasi dan berharap kerjasama antara Pemkab Tuban dengan TNI AL dapat terus ditingkatkan. Hal ini sebagai bentuk sinergitas dalam menjaga kelestarian alam dan keamanan masyarakat di wilayah pesisir Kabupaten Tuban.

 

Sementara itu, Danlanal Semarang Lantamal V, Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas menuturkan, menjaga lingkungan pesisir juga menjadi bukti implementasi cinta tanah air.

“Dengan merawat dan melestarikan lingkungan pantai, kita turut menjaga keseimbangan tanah dan air,” ungkap Danlanal Semarang ini.

Selain itu, Mantan Ajudan Presiden RI Joko Widodo ini juga menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon yang diselenggarakan oleh Pangkalan TNI AL Semarang Lantamal V ini akan menjadi agenda rutin.

“Ke depan, kegiatan penanaman pohon akan rutin digelar tiap tahun,” ugkapnya.

Pada kegiatan yang telah berlangsung selama tiga hari ini, kurang lebih 4.500 bibit pohon telah ditanam dari total target 5000 bibit pohon di sepanjang 15 km pesisir pantai.(duc)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban