Polisi Latihan Penyelamatan Antisipasi Banjir Bandang

kotatuban.com – Untuk antisipasi korban bencana banjir bandang, puluhan petugas dari anggota Sabhara Polres Tuban melakukan latihan penyelamatan korban banjir bandang. Kegiatan latihan penyelamatan korban banjir bandang tersebut dilakukan oleh anggota Sabhara dari semua jajaran Polres Tuban di kawasan pantai Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Rabu (19/2).

Polisi saat lakukan latihan penyelamatan banjir bandang
Polisi saat lakukan latihan penyelamatan banjir bandang

Pantuan kotatuban.com di lapangan, puluhan petugas melakukan simulasi penyelamatan korban itu langsung terjun ke laut dengan menggunakan peralatan perahu karet dan sekoci.

”Kita baru saja mendapatkan peralatan perahu karet dan kayak, makanya langsung kita praktekan dengan melakukan latihan ini untuk para anggota,” terang Kasat Sabhara Polres Tuban AKP Yani Susilo, yang memimpin kegiatan itu.

Menurutnya, dalam latihan tersebut, para anggota diberikan pembekalan bagaimana cara menggunakan peralatan tersebut. Selain itu, juga diberikan teknis dan teori untuk penyelamatan korban banjir. Mereka langsung melakukan simulasi untuk menyelamatkan korban banjir. ”Jumlah peralatan yang kita dapatkan sebanyak lima perahu karet dan lima kayak serta perlengkapan lainnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kasat Sabhara mengatakan, bahwa perahu karet dan sekoci yang didapatkan Polres Tuban tersebut adalah untuk melakukan penyelamatan korban tenggelam yang tidak memiliki arus yang deras dan  daerah yang tidak bisa dilewati perahu besar. Sehingga pelatihan tersebut sengaja dilakukan di laut lantaran untuk mencari air yang tidak ada arusnya. ”Dengan pelatihan ini diharapkan anggota mampu menggunakan peralatan penyelamatan korban banjir bandang saat dibutuhkan,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.