Polres Tuban Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu

kotatuban.com – Menjelang Pemilu Legislatif April 2014 mendatang, jajaran Polres Tuban mulai melakukan berbagai antisipasi dini potensi kerawanan akan terjadinya konflik di tengah masyarakat.

Kapolres Tuban, AKBP Ucu Kuspriyadi memimpin langsung apel konsolidasi gelar pasukan dalam rangka operasi yang bersandi Mantap Brata 2014, Sabtu (8/2). Sedangkan, gelar pasukan yang dilaksanakan di Alun-alun Tuban tersebut selain diikuti anggota Polri, juga diikuti oleh jajaran TNI, Satpol PP, dan Linmas. ”Untuk Polres Tuban menurunkan 607 personil,” ujar Kapolres Tuban Ucu Kuspriyadi.

Polres gelar pasukan pengamanan Pemilu 2014
Polres gelar pasukan pengamanan Pemilu 2014

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi, Sutarman dalam sambutan yang dibacakan oleh Kapolres Tuban, Ucu Kuspriyadi mengungkapkan, apel konsolidasi gelar pasukan yang diselenggarakan di seluruh kesatuan kewilayahan ini, dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait, sebelum diterjunkan ke lapangan.

Dengan demikian semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal dalam rangka mensukseskan pengamanan Pemilu 2014. Mengingat arti penting dan strategisnya Pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintahan dan pembangunan dalam mencapai tujuan negara, maka Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri, berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2014.

Hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif, mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan penyelenggara Pemilu, TNI, masyarakat, dan mitra keamanan lainnya, agar pesta demokrasi Pemilu 2014 dapat terwujud.

Pada pelaksanaan Pemilu 2014 terdapat berbagai potensi kerawanan, yang memerlukan perhatian serius semua pihak untuk diantisipasi sejak dini. Agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan Pemilu 2014. ”Netralitas anggota Polri harus tetap dijaga, dengan tidak memihak kelompok lain,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.