Porkab III, Basket Minim Peserta

Club basket putri saat berlaga
Club basket putri saat berlaga

kotatuban.com– Peserta kejuaraan bola basket pada Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tuban III minim dibanding cabang olahraga (cabor) lainnya. Bahkan, peserta cabor basket kali ini menurun dibanding Porkab II. Peserta cabor basket Porkab III hanya diikuti lima kecamatan. Sementara pada Porkab II diikuti enam kecamatan.

Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) kabupaten Tuban, Ahmad Silfana, mengatakan, pada Porkab ke II yang digelar pada tahun 2012 lalu peserta pada cabor basket diikuti 6 kecamatan, yaitu Kecamatan Tuban, Jatirogo, Tambakboyo, Semanding, Merakurak dan Kecamatan Rengel.

“Untuk tahun ini Rengel absen dalam turnamen,” ungkap Ketua Perbasi Tuban, Silfana.

Silfana menyayangkan pertandingan bola basket Porkab tahun ini kurang menarik minat peserta dan tak seramai tahun lalu.

“Sebetulnya untuk SDM sangat banyak. Kita juga punya pelatih-pelatih tingkat nasional,” katanya.

Minimnya peserta cabor basket ini, lanjutnya, bukan karena kekurangan pemain. Tapi, lebih pada pendanaan. Sebab, dana yang dikeluarkan untuk kegiatan basket ini tidaklah sedikit, sementara bantuan dari panitia tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Sementara itu menurut sejumlah panitia Porkab III, minimnya peserta cabor basket bukan masalah pendanaan atau pemain, tapi, lebih pada niat pihak kecamatan. Sebab, bantuan anggaran yang diberikan juga sama. Tapi, kecamatan lain bisa mengirimkan pesertanya, tapi, di sisi lain ada kecamatan yang tidak bisa mengirimkan cabor basket untuk meramaikan Porkab III tahun ini.

“Ya semua itu tergantung pihak kecamatan. Kalau mereka kratif dan memiliki minta yang besar dalam pembinaan olahraga saya pikir juga bisa. Nyatanya, kecamatan lain juga bisa kok,” ungkap sejumlah panitia Porkab III yang juga pengurus Koni Tuban.

Porkab III tahun ini, lanjut hanya diikuti 5 tim putra dan 4 tim putri. Pertandingan diadakan pada 3 hingga 10 November 2014 mendatang. (ros)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.