PT SI Bangun 30 Rumah Tak Layak Huni

Hery Kurniawan
Hery Kurniawan

kotatuban.com– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk tahun ini berencana membangun 30 rumah layak huni bagi warga Ring 1 di Kabupaten Tuban.

Pembangunan rumah layak huni bagi warga kurang mampu inimerupakan salah satu program Coorporate Social Responsibility (CSR), dari perusahaan semen plat merah tersebut.

Rencananya, tahun 2014 ini ada 30 rumah yang dibangun. Semua biaya pembangunan ditanggung perusahaan.

“Iya, kalau pada tahun ini kita akan membangun rumah sebanyak 30 unit, semua untuk membantu warga Ring 1 yang tempat tinggalnya kurang layak,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Bina Lingkungan PT SI, Hery Kurniawan, Rabu (24/9).

Harry mengatakan, satu unit rumah akan dialokasikan dana sebesar 34 juta rupiah. Pengerjaan sendiri diserahkan kepada pihak ketuga atau kontraktor yang dipercaya oleh perusahaan.

“Per-unitnya kami alokasikan dana sebesar Rp34 juta,” kata Hery.

Pembangunan dan bantuan rumah untuk warga Ring 1 ini akan dilakukan perusahaan secara bertahap. Sehingga, kualitas bangunan bisa terjaga.

“Kenapa kita bangun secara bertahap dan 30 rumah dulu? Itu semata-mata karena kita ingin menjaga kualitas rumah. Jangan sampai jumlah diperbanyak tetapi kualitas bangunan yang diberikan kepada masyarakat jelek,” kata Hery.

Program ini ternyata sudah dimulai sejak tahun 1994 lalu. Tetapi pada tahun 1994 lalu perusahaan belum memberikan bangunan yang utuh, tetapi dengan perbaikan dan renovasi rumah-rumah warga supaya lebih layak dihuni.

“Awalnya kita bantuan plester tanah rumah supaya rata, kemudian setelah itu dilanjutkan dengan bantuan berupa pondasi dan tembok rumah sampai setinggi dada orang,” kata Hery.

“Tetapi sekarang, kita alokasikan dana yang lebih besar untuk membuat unit rumah,” lanjut Hery.

Dia menjelaskan beberapa kriteria rumah yang tidak layak huni, diantaranya rumah dengan dinding bambu/sesek, genting rusak, ataupun beberapa kerusakan rumah lain yang dianggap sudah terlalu parah.

Terkait bidikan dan sasaran pembangunan, perusahaan mengaku mendapatkan semua data tersebut bekersama dengan masing-masing Pemerintah Desa (Pemdes).

“Semua warga yang mendapatkan bantuan rumah ini, merupakan rekomendasi dari masing-masing desa yang ada di wilayah Ring 1,” kata Hery.

Perusahaan, lanjut Hery menyadari sepenuhnya jika tidak bisa memberikan bantuan rumah layak huni kepada warga masyarakat yang membutuhkan. Sebab, yang dutangani perusahaan dalam program CSR bukan hanya pemukiman saja, tapi, juga masalah lingkungan, pendidikan, sosial dan berbagai program lainnya.

Sementara itu data yang dihimpun, beberapa rumah yang saat ini sudah mulai dikerjakan berada di Desa Sumberarum Kecamatan Kerek, Desa Tlogowaru dan Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak, Desa Glondonggede Kecamatan Tambakboyo, dan juga Desa Socorejo Kecamatan Jenu. Semua dikerjakan vendor yang berasal dari Ring 1 PT SI.(kim)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.