PTUN Tetap Lanjutkan Sidang Gugatan PT SI

Sidang gugatan pendirian PT SI di Rembang
Sidang gugatan pendirian PT SI di Rembang

kotatuban.com – Tim kuasa hukum tergugat, baik tergugat I yakni Gubernur Jateng maupun tergugat II intervensi, PT Semen Indonesia Tbk, siap membeberkan bukti-bukti untuk memperkuat dalil-dalil guna mematahkan gugatan tim kuasa hukum warga dan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), Jumat (19/12).

Kuasa hukum tergugat PT Semen Indonesia, Sadly Hasibuan mengungkapkan, pihaknya siap membeberkan bukti-bukti untuk memenangkan sidang perkara gugatan izin lingkungan pembangunan pabrik semen milik PT Semen Indonesia tersebut.

”Dalam eksepsi kompetensi absolut kami pada sidang tanggal 20 November lalu, kami telah membawa bukti cukup untuk memperkuat dalil-dalil dan mematahkan gugatan penggugat,” tegas Sadly Hasibuan, dari Kantor Advokat Adnan Buyung Nasution.

Dalam putusan sela dengan materi mendengarkan sikap majelis hakim terhadap eksepsi kompetensi absolut tergugat, majelis hakim yang dipimpin Susilowati Siahaan, SH tidak mengabulkan eksepsi kompetensi absolut tergugat dengan pertimbangan bahwa PTUN berhak memeriksa perkara gugatan izin lingkungan yang diterbitkan gubernur untuk pembangunan pabrik semen tersebut.

”Majelis hakim memutuskan melanjutkan sidang dengan materi pokok perkara dan pemeriksaan saksi,” tegas Susilowati Siahaan.

Menanggapi putusan sela tersebut, Sadly Hasibuan mengatakan tim kuasa hukum tergugat menghormatinya. ”Kami menghargai dan menghormati keputusan majelis hakim,” ujarnya.

Menurutnya, dalam perkara ini pihaknya bisa menunjukkan bukti akurat mulai dari proses penerbitan Amdal sampai dengan keluarnya SK Gubernur Nomor 660.1/17/2012 tertanggal 7 Juni 2012 tentang  izin lingkungan pembangunan pabrik PT Semen Indonesia Tbk di Rembang.

”Dalam proses pembuatan amdal kami melibatkan warga, ada bukti absen nama dan alamatnya jelas. Dokumen-dokumen sebagai  bukti sudah kami serahkan kepada hakim. Namun, jika belum dikabulkan eksepsi kompetensi absolut, kami akan tetap berupaya karena bukti-bukti yang kami miliki sangat kuat untuk memenangkan perkara ini,” tandasnya. (duc)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.