PU Berdalih Kerusakaan Jalan Disebabkan Tonase Berlebihan

kotatuban.com-Kerusakan jalan yang terjadi disejumlah ruas jalan pedesaan di Kabupaten Tuban, diakui Dinas Pekerjaan Umun (PU) setempat, disebabkan oleh peningkatan aktifitas dan penggunaan jalan melebihi kapasitas (tonase), Rabu (26/3).

Kepala Dunas PU Tuban Choliq Qunnasich
Kepala Dunas PU Tuban Choliq Qunnasich

Kepala Dinas PU Choliq Qunnasich, mengatakan, dari total ruas jalan yang ada di Kabupaten Tuban  sebanyak 2000 ruas, 10 hingga 15 persen diantaranya telah mengalami kerusakan, dari ringan hingga sedang. Penyebabnya beragam, mulai penambahan aktifitas hingga faktor usia dan faktor alam seperti diterjang banjir.

” Secara umum memang sudah waktunya memelihara. Banyak faktor juga sebenarnya, diantaranya penambahan aktifitas dan sebagainya, dan itu lumrah,” kata Choliq.

Disampaikanya, bahwa peran serta masyarakat utuk pemeliharaan dalam arti menjaga juga cukup penting agar jalan di Tuban tidak mudah rusak. Sebab selama ini kerusakan yang sering terjadi adalah jalan tersebut kerap dilalui kendaraan bertonase besar yang sebenarnya melebihi kapasitas untuk jalan itu sendiri.

Choliq mencontohkan, jalan yang semula makadam (jalan batu belum beraspal), setelah dilakukan pengaspalan oleh pemerintah, kemudian dibuka tambang kapur yang otomatis meningkatkan volume kendaraan dan juga peningkatan aktifitas kendaraan besar dilokasi tersebut.

“Inilah perlunya peran masyarakat, jangan sampai jalan yang tidak semestinya untuk truk besar menjadi lintasan. Kami harap masyarakat ikut memiliki dan menjaga infrastruktur yang ada, “tandas Choliq.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah Kabupaten Tuban untuk perbaikan jalan telah menyiapkan dana cukup besar yakni sekitar Rp188 miliar.

Jumla alokasi dana untuk perbaikan tahun ini lebih besar dibanding beberapa tahun sebelumnya seperti tahun 2010 hanya 79M, tahun 2011 78M, dan mulai tahun 2012 hingga tahun ini anggaran naik di atas Rp150 M.

“Peran masyarakat harus ditingkatkan dengan merasa memiliki, sayang sekali dana yang besar itu jika pemanfaatan jalan tidak semestiya,” imbuh Choliq.(kim)

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.