Ratusan Karyawan TPPI Terancam Kehilangan Pekerjaan

TPPI di Tanjung Awar-Awar Jenu
TPPI di Tanjung Awar-Awar Jenu

kotatuban.com – Ratusan karyawan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) terancam akan kehilangan pekerjaan. Pasalnya, kilang minyak yang berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu tersebut bakal berhenti operasi pada 20 Mei 2014 mendatang.

Ketua Serikat Pekerja (SP) PT TPPI Suhariyadi mengungkapkan, jika tanggal 20 Mei ini PT Pertamina (Persero) Tbk tidak lagi membiayai TPPI dapat dipastikan kilang minyak tersebut akan berhenti operasi. Sehingga, dampaknya sekitar 400 karyawan tetap dan sekitar 280 karyawan kontrak bakal kehilangan pekerjaan.

”Jika seluruh karyawan tersebut kehilangan pekerjaan, dapat dipastikan angka pengangguran di Kabupaten Tuban akan meningkat. Karena yang menjadi karyawan tetap tersebut 50 persen lebih merupakan masyarakat Tuban. Sedangkan, yang karyawan kontrak 100 persen orang lokal Tuban,” terangnya.

Lebih lanjut Suhariyadi mengatakan, sehingga SP TPPI mendorong agar Pertamina segera mengambil alih kilang minyak yang berada di Tuban tersebut. Pasalnya, TPPI merupakan perusahaan yang sangat potensial untuk membantu kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam negeri.

”TPPI itu bisa mengolah kondensat menjadi berbagai kebutuhan, seperti premium, solar, LPG, dan avtur. Kondensat selama ini hanya dibuang saja tidak termanfaatkan. Dan hanya kilang TPPI yang bisa mengolah kondensat menjadi barang jadi,” pungkasnya. (duc)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.