Ratusan Peserta Nilainya Tak Memenuhi Sarat Minimal

Pesertqa tes CPNS.doc
Pesertqa tes CPNS.doc

kotatuban.com-Kualitas Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Tuban yang mengikuti Computer Asistant Tes (CAT) memprihatinkan.  Tidak saja jeblok pada nilai materi Wawasan Kebangsaan (WK), bahkan nilai mereka di bawah ambang batas nilai minimal. Dari 455 peserta yang telah mengikuti tes selama dua hari ini, jumlah peserta yang lolos pasing grade atau nilai ambang batas minimal kelulusan kurang dari 50 persen.

Kepala Bidang Pengembangan dan Diklat Pegawai Negeri, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tuban, Surato Basuki, saat dikonformasi kotatuban.com mengatakan, banyak peserta yang tidak lolos, dan nilai terendah merupakan nilai wawasan kebangsaan.

“Paling banyak jatuh di nilai wawasan kebangsaan, memang agak memprihatinkan, karena nilai itu yang dominan rendah,” kata Basuki.

Dia menjelaskan, pada hari pertama pelaksanaan tes, sebanyak 11 peserta langsung dinyatakan gugur karena tidak hadir mengikuti ujian, 147 peserta tidak lolos pasing grade. “Hari pertama hanya 82 peserta yang lolos tes,” terangnya.

Pada hari kedua, 14 peserta tidak hadir tes dan langsung gugur. Dari jumlah peserta yang mengikuti tes hari kedua sebanyak 226 peserta, 152 peserta dinyatakan gugur dan hanya 82 peserta yang lolos pasing grade.

“Total peserta yang hadir hari pertama dan kedua 455, karena 25 diantaranya tidak hadir. Dari jumlah tersebut hanya 156 lolos dan sisanya, 299 peserta tidak memenuhi pasing grade,” jelas Basuki.

Sementara itu terkait kesamaan nilai yang mungkin terjadi, Basuki mengatakan, pihaknya belum dapat menjawab kepastian terkait hal tesebut. Karena pihaknya masih menunggu koordinasi dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS Pusat.

“Kami masih akan berkoordinasi, jika ditemukan hasil tes yang nilainya sama,” terangnya.

Basuki menambahkan, sepanjang pelaksanaan ujian hari pertama hingga ketiga, Kamis (4/12) hari ini, ujian berlangsung lancar. Baik peserta maupun peralatan yang digunakan seluruhnya dalam kondisi normal.

“Tidak ada masalah, baru saja saya dari lokasi tes, semua berjalan lancar dan kondusif,” imbuhnya. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.