Ratusan Ribu Umat Islam Padati Haul Sunan Bonang

kotatuban.com– Diperkirakan ratusan ribu umat Islam memadati acara peringatan haul Sunan Bonang yang tahun ini jatuh pada Kamis (20/11). Tanda-tanda membludaknya pengunjung kegiatan tahunan yang dipusatkan di Alun-Alun Tuban itu sudah tampak sejak dua hari lalu.

Pengunjung hal Sunan Bonang saat melakukan tahlil di makam Sunan Bonang
Pengunjung hal Sunan Bonang saat melakukan tahlil di makam Sunan Bonang

Bahkan, saat tahlil kubropesertanya juga membludak hingg di luar makam. Bukan itu, saja sejak Rabu (19/11) kemacetan di sejumlah ruas jalan sekitar makam Sunan Bonang yang terletak di Kelurahan Kutareja, Tuban itu sudah terasa.

“Perkiraan saya, haul tahun ini pengunjungnya lebih banyak dibanding sebelumnya. Mungkin juga bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Tuban ya,” terang Kabag Humas Pemkab Tuban, Teguh Setyabudi.

Sementara itu Bupati Tuban Fathul Huda, Forpimda, Alim Ulama dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya sebelum mengikuti tahlil kubro diarak berjalan kaki dari Pendopo Krida Manunggal dan iringi tetabuhan seni hadrah menuju tempat tahlil kubro.

Dalam kesempatan itu Bupati Tuban, H. Fathul Huda menyampaikan rasa syukur kembali bisa dipertemukan dengan haul Sunan Bonang.

“Dengan memperingati haul kita kembali melihat perjuangan beliau dalam menyebarkan agama Allah di Tanah Jawa ini. Sunan Bonang adalah salah satu Wali Allah yang paling disegani dari Wali Songo yang lainnya,” terang Bupati Faqthul Huda.

Ditambahkan, dalam berdakwah Sunan Bonang atau Raden Makdum Ibrahim sering mempergunakan kesenian rakyat untuk menarik simpati masyarakat, yaitu berupa seperangkat gamelan yang disebut Bonang. Bonang itu jika ditabuh langsung Sunan Bonang alunan nadanya sangat menyentuh perasaan.

“Ini sebagai bukti jika Mbah Bonang merupakan wali yang sangat senang dengan kesenian,” tambah bupati.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan haul Sunan Bonang didahului banyak kegiatan, seperti sunatan masal, pertemuan Alim Ulama di Masjid Astana Sunan Bonang dan Tahlil Kubro . Puncaknya pengajian Akbar di Alun-Alun Tuban malam ini yang menghadirkan Habib Lutfi dari Semarang dan KH. Hasim Muzadi dari Jakarta. (ros)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.