Rekapitulasi Hasil Pilpres Dijaga Ketat

Petugas saat memeriksa peserta rekapitulasi
Petugas saat memeriksa peserta rekapitulasi

kotatuban.com-Petugas keamanan jaga ketat pelaksanaan penghitungan hasil pemilihan umum presiden yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tuban hari ini, Rabu (16/7).

Rekapitulasi yang diikuti bersama seluruh Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Tuban, Panwaslu dan saksi kedua pasangan dilaksanakan di gedung serbaguna KSPKP Tuban.

Lebih dari seratus aparat gabungan yang terdiri dari Polisi, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Tuban nampak bersiaga di sekitar gedung KSPKP Tuban.

Selain melakukan penjagaan di sekitar lokasi, petugas juga melakukan pemeriksaan seluruh peserta rapat rekapitulasi perolehan suara Pilpres di wilayah Kabupaten Tuban. Satu persatu perserta rapat yang akan masuk diperiksa secara ketat termasuk barang bawaannya menggunakan metal detektor.

“Kita lakukan pemeriksaan ketak terhadap seluruh tamu yang hadir. Yang akan masuk kita periksa menggunakan metal detektor,” terang Kompol Suhartono, Kabag Ops Polres Tuban.

Dia menjelaskan, dalam pengamanan itu, ada 130 petugas keamanan, masing 85 personil petugas kepolisian Polres Tuban ditambah 30 anggota TNI dan 15 Satpol PP. Mereka berjaga mulai dari pintu masuk gedung KSPKP dan seputaran gedung, untuk memastikan tida ada hal yang akan berpotensi menganggu pelaksanaan rekapitulasi tingkat kabupaten.

“Kita bagi tiga ring, yakni ring satu dalam gedung, ring dua pintu masuk dan ring tiga depan,” lanjut Kabag Ops saat dilokasi rekapitulasi suara Pilpres itu.

Pengamanan ketat tersebut sengaja dilakukan untuk menantisipasi kerawanan jika ada perbedaan suara antara saksi dengan hasil yang dibacakan petugas KPUD.(kim)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.