Rekapitulasi Manual KPU Jokowi Unggul di Tuban

Rekapitusi manual di KPUK Tuban
Rekapitusi manual di KPUK Tuban

kotatuban.com – Sudah bisa diduga sebelumnya, hasil rekapitulasi perolehan suara Pilpres 2014 di Tuban secara manual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban, pasangan Calon Presiden (Capres) nomor urut dua Joko Widodo – Jusuf Kalla (Jokowi – JK) mengungguli pasangan Capres nomor urut satu Prabowo Subianto – Hatta Rajasa (Prabowo – Hatta), Rabu (16/7).

Keunggulan Capres tersebut sesuai dengan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2014 ditingkatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban. Sedangkan, rekapitulasi perolehan suara Pilpres tersebut diselenggarakan di gedung KSPKP Jalan Wahidin Sudirohusodo, Rabu (16/07).

Dalam pemilihan presiden yang digelar pada 9 Juli lalu di Kabupaten Tuban pasangan Prabowo Subianto – Hatta Rajasa memperoleh 267.898 suara. Sedangkan, pasangan Joko Widodo – Jusuf Kalla memperoleh 373.097 suara. Pasangan Jokowi – JK unggul di 19 kecamatan dari 20 kecamatan se Kabupaten Tuban. Pasangan Prabowo – Hatta hanya unggul di Kecamatan Rengel. Di kecamatan tersebut Capres nomor urut satu memperoleh 16.262 suara, dan Capres nomor urut dua memperoleh 15.994 suara.

Sementara itu, Ketua KPU Tuban, Kasmuri mengungkapkan, rekapitulasi suara ditingkatan kabupaten ini berdasarkan Peraturan KPU nomor 21 tahun 2013, yaitu KPU kabupaten atau kota harus melakukan rekapitulasi suara setelah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menyerahkan bertia acara rekapitulasi suara kepada KPU.

”Jadi, setelah rekapitulasi suara di KPU kabupaten ini tuntas, berita acaranya langsung kami kirim ke KPU provinsi. Dan ini merupakan hasil resmi Pilpres dan akan digunakan acuan dalam rekapitulasi di KPU Provinsi Jawa Timur,” pungkasnya. (duc)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.