Ribuan Bibit Pohon HPN Diserbu Warga

warga mengambil Pohon geratiskotatuban.com-Rubuan bibit tanaman keras dan buah-buahan dibagikan bersamaan dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) oleh komunitas wartawan Tuban, Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) diserbu warga, Desa Kebomelati, Kecamatan Plumpang, langsung diserbu warga. RPS selain melakukan penananam pohons ecara siombolis juga akan bagikan ribuan bibit di sejumnlah desa di DAS Solo.

Salah seorang warga Kebomelati, Yono yang ikut mengambil bibit mengaku, bibit yang diambilo di dekat pelaksanaan upacara HPN itu akan ditanam di belakang rumahnya yang berada tidak jauh dari bibir sungai Bengawan Solo.

“Ini nanti mau saya tanam dipekarangan, sama belakang rumah saya, karena dekat dengan Bengawan Solo,” kata Yono.

Menurut warga yang berprofesi sebagai petani itu, bantuan bibit pohon yang diberikan cukup membantu, sebab, pembagian pohon tersebt akan mengurangi dampak buruk kikisan air sungai Bengawan Solo.

“Bagus ini biar tidak longsor yang dekat bengawan,” kata Yono sambil memilih bibit yang disediakan panitia.

Adapun bibit pohon yang dibagikan antara lain, Pohon Jambon, Pohon Jambu Biji, Sirsak, Mangga, Pohon Tanjung dan beragam bibit pohgon buah lainya.

Sementara Itu, Ketua RPS Khoirul Huda mengatakan, peringatan Hari Pers Nasional dengan aksi penanaman pohon bukan kali ini saja dilakukan, beberapa kali peringatan Hari Pers,  komunitas Wartawan Tuban itu juga melakukan penanaman pohon dilahan-lahan kritis di Kabupaten Tuban.

“Pers tidak saja mencari berita maupun melakukan kontrol sosial, tuga pers juga memberikan pendidikan kepada masyarakat. Aksi penanaman pohon inilah salah satu bentuk pendidikan itu, dengan memberikan contoh kegiatan positif berupa pelestarian lingkungan,” kata Khoirul Huda.

Pria yang telah lama menggeluti dunia pers itu, menambahkan, kegiatan peringatan hari pers tidak saja melakukan aksi tanam pohon, namun juga menyalurkan bantuan dan santunan kepada anak-anak yatim.

“Tahun ini kami menyalurkan bantuan kepada anak-anak yatim, selain dalam bentuk uang juga perlengkapan sekolah, seperti alat tulis dan juga tas sekolah,” kata Huda. (kim)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.