Ronggolawe Pers Solidarity Bagikan Ribuan Pohon ke Masyarakat

kotatuban.com– Setelah aksi penanaman pohon yang dipusatkan di kawasan Goa Nggembul, Komunits wartawan Tuban, Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) melanjutkan aksinya dengan membagikan ribuan bibit tanaman kepada masyarakat. Bibit tanaman tersebut dibagikan gratis ke sejumlah desa yang menjadi sasaran penghijauan.
Hari ini, 5 Desa di dua kecamatan di Kabupaten Tuban menjadi sasaran pengiriman pohon yang jumlahnya mencapai 12.500 pohon, dengan pembagian 2500 pohon satu desa. Ke empat desa tersebut adalah Desa Sidoarjo, dan Wonosari di Kecamatan Senori, dan Desa  Kujung, Mrutuk, Melangi di Kecamatan Widang Tuban.

Khoirul Hdua, Ketua RPS Tuban mengatakan, pembagian pohon yang dilaksanakan hari ini merupakan bagian dari aksi penyelamatan lingkungan dan kepedulian wartawan untuk terus melestarikan lingkungan dengan penanaman pohon yang pelaksanaanya bersamaan dengan moment Hari Pers Nasional.

“Ini bagian dari kepedulian kami terhadap kelestarian lingkungan. Selain ini, berbagai kegiatanlain juga sudah kam laksanakan, seperti Donor darah, dan sekolah jurnalistik bagi pelajar dan mahasiswa, yang akan kami laksanakan insya Allah sepanjang tahun 2014 ini,” Kata Khoirul Huda.

Bibit berbagai jenis tanaman untuk warga sekitar balai wartawan
Bibit berbagai jenis tanaman untuk warga sekitar balai wartawan

Sebelumnya, RPS bersama sejumlah komunitas pemuda dan seniman telah melakukan kegiatan besar berupa penanaman pohon jati, mangga, sirsak dan jambu merah dalam puncak peringatan HPN di kawasan Hutan Gembul Desa Jadi Kecamatan Semanding Tuban.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah seniman  juga turut meramaikan kegiatan tanam pohon yang dihadiri wakil Bupati Tuban. Mereka menampilkan perform musik tradisional dan melukis bersama yang dilanjutkan dengan kegiatan donor darah di lokasi yang sama.

“Acara besarnya sudah kami laksanakan 22 februari lalu, selanjutnya adalah pendistribusian pohon ke sejulah kecamatan di Tuban,” katanya.

Adapu desa yang menjadi sasaran pembagian pohon adalah, Desa Sidoarjo dan Wonosari, Kcamatan Senori, Desa Jetak dan Pucangan, Kecamatan Montong, Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel, Geskan, Kecamatan Grabagan, Tuwiri Wetan, Tegal Rejo, Sugihan dan Kapu, Kecamatan Meraurak, Suwalan, Kecamatan Jenu, Jadi, Kecamatan Semanding,  Pucangan Palang, Kujung, Mrutuk, Melangi, Kecamatan Widang, Kedungsoko dan Kebomelati, Kecamatan Plumpang.

Huda berharap, pohon yang didistribusikan seluruhnya tertanam diperkrangan maupun dilahan pertanian warga, agar kedepanya pohon tersebut dapat dimanfaatkan buahnya sekaligus mengurangi efek rumah kaca dan pemanasan gelobal.” Mudah-mudahan semua tertanan dan bermanfaat bagi warga yang menerima bibit yang kami kirimkan,” imbuh Huda. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.