RT dan RW Bakal Dapat Tunjangan

Bupati Tuban Fathul Huda saat sambang ke desa
Bupati Tuban Fathul Huda saat sambang ke desa

kotatuban.com-Ketua RT dan RW bakal mendapatkan tunjangan Rp 1.200.000/tahun. Rencana pemberian intensif kalangan RT/RW itu bakal diusulkan ke DPRD melalui Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) 2014 mendatang.

“Untuk sementara baru RT dan RW yang ada di wilayah kelurahan. Tapi, nanti pada APBD 2014 akan kita usulkan tunjangan bagi seluruh RT dan RW se Kabupaten Tuban,” terang Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Tuban, Budiwiyana, Selasa (15/7).

Ditambahkan Budiwiyana, karena usulannya masuk pada APBD-Perubahan, 2014 sehingga, nantinya RT/RW di wilayah kelurahan pada tahun ini hanya akan menerima tunjangan selama tiga bulan dan setiap bulannya dianggarkan Rp 100.000.

“Memang tunjangan itu tidak seberapa, tapi, itu kita sesuaikan dengan kemampuan anggaran kita,.” Tandas Budiwiyana.

Dikatakan pula, selain memberikan tunjangan bagi RT dan RW pada 2015 mendatang Pemkab Tuban juga akan memberikan kewenangan kepada pihak desa. Diantaranya, perbaikan dan perawatan jalan lingkungan akan diserahkan sepenuhnya kepada desa. Pemkab hanya akan menangani jalan poros kecamatan maupun poros desa. “Nantinya, anggaran perbaikan jalan lingkungan akan masuk dalam Alokasi Dana Desa (ADD) seperti tunjangan RT maupun RW,” imbuhnya.

Pemkab Tuban kini masih melakukan pendataan seberapa besar jalan lingkungan yang menjadi kewenangan masing-masing desa. Sehingga, nantinya, masing-masing desa bakal tidak sama besaran ADD-nya, karena panjang jalan lingkungan maupun jumlah RT/RW tidak sama.

“ Ini masih terus kita hitung, sehingga, pada 2015 akan menjadi salah satu usulan di RAPBD yang kita ajukan kedewa. Tergantung DPRD bagaimana menyikapi itu, kalau nanti diterima ya akan kita laksnakan, tapi, kalau ditolak ya jelas belum bisa dilaksanakan,” terang Budiwiyana panjang lebar.

Bupati Tuban Fathul Huda saat safari Ramadan sudah menyampaikan rencana itu kepada warga masyarakat. Diharapkan, dengan rencana itu pembangunan yang berbasis pedesaan bisa dilaksanakan. “Tapi, semua itu tergantung DPRD, apakah disetujui atau tidak,” papar Bupati Tuban Fathul Huda saat safari Ramadan di Montong. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.