Saat Siswa TK El Yamien Pawai Kartini,…

Pawai keliling oeh Siswa TK El yamien, Semanding
Pawai keliling oleh Siswa TK El yamien, Semanding

kotatuban.com– Dalam rangka memperingati hari Kartini, sejumlah siswa TK El Yamin melaksanakan pawai keliling. Dengan berpakian adat nusantara, siswa-siswi tersebut tampak sangat antusias mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari pawai keliling, fashion show serta kegiatan lain yang sudah dijadualkan.

Pawai keliling yang dilaksanakan TK El Yamien, adalah sebagai rangkaian memperingati Hari Kartini. Secara umum, kegiatan tersebut berjalan sangat meriah. Masyarakat terutama para ibu-ibu menyambut para siswa di sepanjang rute perjalanan.

Sebelum berkeliling pakai andong , peringatan hari kartini TKIT El Yamien didahului dengan seremonial menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Lagu Ibu Kita Kartini. Setelah itu, juga ada lomba Fashion Show  oleh para siswa.

Setelah fashion show, acara dilanjutkan dengan pawai keliling menggunakan andong. Rute perjalanannya meliputi beberapa desa kelurahan di kecamatan Semanding.

Menurut Kharolina Ratnasari,S.Pd.I, kepala TKIT El Yamien, kegiatan pawai keliling dimaksudkan untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

“Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk pembelajaran langsung ,dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air dan mengenalkan sejak dini pahlawan-pahlawan bangsa yang telah banyak berjasa bagi bangsa indonesia terutama RA Kartini,” kata Kharolina.

Duh imutnya... ekspresi seorang siswa saat fashion show
Duh imutnya… ekspresi seorang siswa saat fashion show

Selain itu, sambung Kharolina, kegiatan memperingati hari besar nasional merupakan agenda tahunan sebagai bagian terintegrasi dari model pembelajaran “learning by doing” oleh  TKIT El Yamien – Semanding Tuban.

Meski cukup menguras energi karena jauhnya rute pawai, para siswa tidak tampak kelelahan. Mereka begitu riang menikmati jalannya kegiatan.

Selesai berkeliling, acara dilanjutkan dengan mendengarkan ceramah dari para Ustadzah yang mengambil tema hidup dan perjuangan RA Kartini.

Selama ceramah, para siswa tampak sangat tekun mendengarkan setiap kata yang disampaikan ustadzah. Sesekali mereka juga bertanya atas hal tidak mereka mengerti. Sangat interaktif.

Sebagai penutup kegiatan dalam rangkaian memperingati hari Kartini, setelah ceramah usai, diadakan pemberian hadiah bagi para pemenang lomba. (kh/*)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.