Saksi Parpol Tak Tandatangan, Hasil Pleno Tetap Sah

Rapat pleno rekapitulasi di KPU Tuban
Rapat pleno rekapitulasi di KPU Tuban

kotatuban.com – Terkait keberatan saksi dari Partai Politik (Parpol) yang tidak mau menandatangani berita acara rapat pleno rekapitulasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban Pada 19-21 April yang lalu, tidak mempengaruhi hasil pleno. Seperti halnya yang dilakukan oleh saksi dari Partai Golkar yang menolak menandatangani berita acara pleno. Selain itu, Partai Nasdem juga menolak tandatangan untuk Kecamatan Grabakan.

Divisi Penanganan dan Penindakan Pelanggaran Pemilu (P4) Panwaslu Kabupaten Tuban, Edy Toyibi saat dikonfirmasi kotatuban.com, Selasa (22/04) mengungkapkan, bahwa dengan adanya penolakan tanda tangan berita acara hasil rekapitulasi tersebut tidak memengaruhi dari hasil rapat pleno tersebut. ”Untuk masalah itu wewenang dari partai dan tidak berpengaruh pada hasil pemilu. Sebab masih ada saksi dari parpol lain yang bertanda tangan,” ungkapnya.

Menurutnya, seharusnya baik Parpol maupun saksi Parpol jika ada keberatan terkait dengan hasil perolehan suara bisa melakukan keberatan sejak dilakukannya pleno ditingkat tingkat desa atau PPS. Selain itu, jika Parpol melakukan perotes baru saat pleno ditingkat kabupaten, Panwaslu kesulitan untuk menangani keberatan tersebut. ”Jika mulai awal sudah ada keberatan kita akan lebih mudah untuk menuntaskan,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu Komisioner KPU Kabupaten Tuban Yayuk Dwi Agus Sulistyorini menungkapkan, tandatangan atau tidak itu hak dari masing-masing Parpol maupun saksi Parpol. Namun, KPU memandang bahwa pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Tuban berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. ”Saya kira tidak ada masalah apapun,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.