Sambut Imlek ‎TITD Kwan Sing Bio Mulai Bersolek

image
Para Khong Co tampak sumringah sambut Imlek

kotatuban.com – Menjelang datangnya tahun baru Imlek 2567 yang jatuh pada Kamis (19/02) mendatang, Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio di Jalan RE Martadinata, mulai berbenah.

Pantauan kotatuban.com di lapangan, para pengurus dan karyawan tempat ibadah berlambang kepiting raksasa itu terlihat sibuk sejak sepekan terakhir. Beberapa persiapan dilakukan, mulai dari mengganti hiasan yang telah usang, bersih-bersih ruangan, memandikan patung dewa, hingga menyiapkan sarana untuk ibadah pada perayaan Imlek.

”Sudah dari beberapa hari yang lalu kami mengadakan penggantian jubah Kong Co Kwan Sing Teekoen, sekaligus membersihkan ruangan yang ada di altar dan mengganti lampion,” ujar Ketua Pengurus Harian TITD Kwan Sing Bio Tuban, Gunawan Putra Wirawan, Senin (16/2).

Menurutnya, TITD Kwan Sing Bio akan merayakan Imlek tahun ini dengan sangat sederhana. Hal tersebut dilakukan untuk memberi kesempatan tempat ibadah lain agar bisa menyelenggarakan kegiatan.

”Tahun ini untuk perayaan Imlek kita hanya mengadakan sederhana saja, karena kita juga memberi kesempatan tempat ibadah lain agar gantian menyelenggarakan kegiatan,” ungkapnya.

Selain bersih-bersih dan memandikan patung dewa, pengurus beserta umat akan mengadakan ritual sembahyang pada malam sebelum Imlek. Yakni, tanggal 18 malam, juga mengadakan ritual sembahyang bersama.

”Terus pagi harinya saat Imlek, umat ke keluarga masing-masing dulu sungkeman, baru kemudian ke klenteng untuk sembahyang mengucapkan selamat imlek kepada Kong Co dan sesama umat,” ungkapnya.

Sementara itu, pada tahun kambing ini pihaknya juga berharap Indonesia bisa lebih makmur dan aman. Hal ini sesuai makna kambing yang makmur.

”Dengan memasuki tahun kambing ini kita umat Tri Dharma mengharap Indonesia lebih makmur dan aman sesuai makna kambir yang makmur,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.