SDM Nelayan Tuban Masih Rendah

image kotatuban.com – Sumber Daya Manusia (SDM) nelayan Tuban masih rendah dan masih kalah bersaing dengan kualitas SDM nelayan dari daerah lain. Hal tersebut terlihat dari pola kerja dan alat tangkap nelayan masih kalah jauh dengan nelayan dari luar Tuban.

Sehingga, sangat perlu untuk pihak-pihak yang terkait agar nelayan daerah Tuban dapat bersaing dan meningkatkan perekonomian mereka adalah dalam peningkatan SDM.

”SDM nelayan kita masih harus ditingkatkan, bagaimana penguasaan terhadap alat tangkap, pengelolaan budidaya perikanan, maupun kemampuan lainnya,” terang, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban, Sunarto saat ditemui kotatuban.com diruang kerjanya, Senin (26/01).

Menurutnya, saat ini nelayan Tuban masih kalah bersaing dengan nelayan lain yang mencari penghasilan di laut, seperti nelayan Lamongan atau nelayan Rembang karena lemahnya SDM yang ada, dan itu menjadi pekerjaan rumah untuk Pemkab Tuban terus meningkatkan hal tersebut.

”Untuk meningkatkan kualitas SDM para nelayan kita telah memberikan pelatihan baik untuk nelayan maupun keluarga nelayan. Bahkan, kita juga pernah mengikutkan nelayan Tuban ke Rembang untuk meningkatkan SDM,” tandasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.