Selama Ramadhan, Pasar Minggu Pagi Libur

Pasar minggu pagi yang biasanya menempati lokasi Car Free Day untuk sementara dialihkan ke Rest Area, beas terminal lama Tuban
Pasar minggu pagi yang biasanya menempati lokasi Car Free Day untuk sementara dialihkan ke Rest Area, bekas terminal lama Tuban

kotatuban.com– Selama bulan suci Ramadhan, aktifitas pasar rakyat minggu pagi dan car free day (hari bebas kendaraan) di sepanjang  Jalan Sunan Kalijaga, yang dilaksanakan setiap Minggu pagi diliburkan.

Seluruh pedagang, baik makanan maupun non makanan, untuk sementara di pindahkan di kawasan Rest Area Tuban, Jalan RE Martadinata Kota Tuban.

“Ya diliburkan mas, karena sebagian besar pedagang di car free day itu adalah makanan, kalau jualan makanan pagi hari siapa yang mau beli puasa seperti sekarang ini, makanya sekarang kami arahkan untuk jualan di rest area di sore hari,” ujar Judhi Tresna.

Judhi menjelaskan, sebelum dipindah di kawasan rest area, pedagang sempat mengajukan ijin untuk berjualan di lokasi yang sama namun di sore hari, namun dengan pertimbangan kepadatan Jalan Sunan Kalijogo, ahirnya diputuskan untuk menempati lokasi rest area, sekaligus untuk mensosialisasikan dan mengenalkan tempat itu kemasyarakat.

“Pertimbangannya itu tadi mas, kalau disana sangat ramai pada jam menjelang buka puasa, sebenarnya pedagang juga lebih senang di Jalan Sunan Kalijaga, karena sudah dikenal,” terang Judhi.

Judhi menyampaikan, pedagang yang ada di rest area tidak hanya pedagang dari pasar  Minggu pagi, banyak pedagang baru, yang seluruhnya adalah pedagang takjil (makanan berbuka puasa) ikut berjualan dan mencari berkah di lokasi yang menjadi sentra takjil Tuban tersebut.

Adapun jumlah pedagang di lokasi saat ini sebanyak 152 pedagang, dan 96 diantaranya adalah pedagang makanan. Namun, jumlah tersebut dapat lebih karena banyak pedagang kecil yang tidak terdaftar atau pedagang keliling yang juga ikut mangkal saat menjelang berbuka.

“Yang tercatat dikami ada 152, namun perkiraan lebih dari itu.  Juga kami sampaikan jika pedagang yang menempati di rest area tidak seterusnya, karena pedagang hanya akan menempati selama Ramadhan, yakni sampai  tanggal 25 besok,  setelah itu kembali seperti semula di jalan Sunan Kalijaga,” papar Judhi. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.