Setiap Hari 51 Ton Sampah Menumpuk di Tuban

image

kotatuban.com – Sampah akan menjadi permasalahan tersendiri bagi kabupaten yang sedang berkembang, seperti halnya Kabupaten Tuban. Pasalnya, dengan banyaknya sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menjadi berbagai sumber penyakit, dan banyak dampak lain yang ditimbulkan dengan sampah tersebut.

Sedangkan, saat ini sampah yang ada di Tuban kondisinya sudah sangat menghawatirkan. Sebab, volume sampah yang dihasilkan oleh warga Kabupaten Tuban dalam seharinya saja mencapai 51.000 kilogram (kg) atau 51 ton.

”Sampah yang terkumpul di Tuban per hari bisa mencapai 51 ton. Dan mayoritas sampah-sampah tersebut berasal dari limbah rumah tangga,” terang, Sekretaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tuban, Bambang Irawan, Rabu, (25/02).

Menurutnya, rata-rata jumlah sampah yang dibuang setiap orang dewasa adalah 1,6 liter per hari, mulai sampah organik maupun anorganik. Sehingga, butuh kesadaran bagi warga dalam memanfaatkan nilai guna sampah, agar bisa mengatasi masalah sampah yang semakin hari semakin bertambah.

”Sampah di Tuban semakin hari semakin bertambah. Sehingga, perlu dibenahi prilaku masyarakatnya tentang pemanfaatan sampah dan daur ulang sampah agar lebih berguna,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan, untuk mengurangi tumpukan sampah sebenarnya ada banyak cara. Salah satunya dengan membuat tempat pengelolaan sampah, menjadikan sampah tersebut menjadi kompos.

”Jika di Tuban ini dibangun tempat pengelolaan sampah menjadi kompos, selain bisa menjadi sumber ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.