SI Bentuk Forum Masyarakat Kokoh di Ring I

Lokakarya CSR di Ring I PT SI
Lokakarya CSR di Ring I PT SI

kotatuban.com-Untuk meningkatkan kualitass pembangunan desa di sekitar ring satu , PT Semen Indonesia membentuk forum masyarakat kokoh. Pembentukan forum itu dilakukan berbarengan dengan loka-karya bersama pemerintah desa serta sejumlah tokoh masyarakat desa di Kecamatan Jenu, Tuban.Sebelumnya kegiatan serupa juga telah dilaksanakan bersama masyarakat sejumlah desa di Kecamatan Merakurak.

Pertemuan yang melibatkan sedikitnya 20 orang perwakilan desa dan tokoh masyarakat tersebut untuk memberikan gambaran terkait pemanfaatan program Corporate Responcibility (CSR) perusahaan, terhadap perencanaan dan program pembangunan desa.

Kepala Seksi (Kasi) Bina Lingkungan (Binling) PT Semen Indonesia Heri Kurniawan  mengatakan, kegiatan yang akan dilaksanakan di tiga kecamatan ring satu, yang mencakup 26 desa tersebut, bertujuan untuk memaksimalkan manfaat setiap CSR yang disampaikan kepada desa, agar lebih bermanfaat dan berdaya guna.

“Dengan demikian manfaat CSR itu akan semakin kelihatan, tidak sekedar diberikan dan selesai begitu saja. Tapi, CSR harus memberikan manfaat secara luas kepada warga sekitar pabrik,” terang Heri.

Heri menyampaikan, dengan pembentukan forum tersebut, CSR tidak sekedar bantuan langsung berupa program. Tapi, disesuaikan dengan program desa sesuai perencanaan pembangunan di masing-masing desa. Dengan demikian program ini juga akan mendukung upaya pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan, baik infrastruktur maupun pembangunan manusia.

“Sebagaimana diatur dalam UU nomer 6 tahn 2014 tentang desa,  perusahaan dalam memberikan CSR harus berpegang teguh terhadap rencana pembangunan desa. Ini yang menjadi salah satu alasan kami membentuk forum ini,” terang Heri.

Heri menambahkan, program ini ke depannya bukan hanya untuk desa-desa ring satu saja, akan tetapi, desa lain diluar ring satu juga akan mendapatkan bagian. Namun, hal itu akan disesuaikan dengan anggaran yang ada.

“Mudah-mudahanlah, ke depannya bisa mencakup lebih banyak desa. Dari forum yang sudah ada ini nanti dapat menyampaikan desa mana dalam satu kecamatan yang memang perlu dorongan dari perusahaan,” katanya.

Heri berharap, seluruh lapisan masyarakat mendukung jalannya program ini. Dengan begitu program tersebut berjalan sukses sebagaimana tujuan awal pembentukanya. “Mohon dukunganlah agar kegiatan ini sukses dan memberikan manfaat bagi kita semua,” harapnya. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.