SI Tanam Pohon Bareng Ratusan Siswa

kotatuban.com – PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk – Pabrik Tuban tanam pohon bersama ratusan siswa dan guru dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tuban. Tanam pohon tersebut dilakukan diarea bekas tambang batu kapur Semen Indonesia.

Kepala Unit Public Relation & CSR Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo, mengatakan bahwa Semen Indonesia merupakan perusahaan semen milik negara dalam operasionalnya tidak hanya berorentasi kepada profit saja. Namun, perusahaan BUMN ini juga memperhatikan lingkungan dan kelestariannya.

‘’Semen Indonesia berkomitmen untuk terus memperhatikan keberlangsungan kelestarian alam. Untuk itu, perusahaan siap bekerjasa dengan instansi manapun termasuk dunia pendidikan untuk kelestarian alam,’’ ungkapnya, Sabtu (23/2).

Menurutnya, Semen Indonesia setiap tahunnya melakukan penanaman pohon kurang lebih sebanyak 20 ribu hingga 60 ribu batang pohon. Tanaman yang ditanam merupakan tanaman produksi seperti jati, mahoni, juar, dan berbagai tanaman lainnya.

‘’Kita berusaha mengembalikan rona awal lahan seperti sebelum kita tambang. Setelah itu, jika lahan bekas tambang tersebut selesai direklamasi dikembalikan kepada Perhutani. Karena lahan batu kapur milik kita sebagian besar statusnya pinjam pakai milik Perhutani,’’ ujar Iwan kepada ratusan siswa SMAN 1 Tuban.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Tuban, Mukti, mengucapkan terimaksih kepada Semen Indonesia yang telah memberikan fasilitas dan mensuprot pada kegiatan penghijauan yang digelar lembaga yang dia pimpin tersebut.

‘’Kegiatan ini salah satu poin penting penilaian pada Adiwiyata Asean Eco School yang bakal kita ikuti. Untuk itu kita menjalin kerjasama dengan Semen Indonesia,’’ terang Mukti.

Lebih lanjut, Mukti, mengatakan bahwa kegiatan penghijauan yang dilakukan tersebut tidak hanya sekedar menanam. Namun, bagaimana kegiatan tersebut dapat membentuk karakter siswa dalam mencintai lingkungan sekitar dalam kehidupannya.

‘’Yang kita tekankan pada siswa pada kegiatan seperti ini, bagaimana siswa mencintai lingkungannya. Selain itu, juga memberikan pemahaman betapa pentingnya tanaman atau tumbuhan untuk kehidupan,’’ pungkasnya. (rto

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban