Siswa SMAN I Rengel Ikuti Pelatihan Jurnalistik

kotatuban.com – Sebanyak 30 siswa SMAN I Rengel mengikuti pelatihan jurnalistik. Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama Ronggolawe Press Solidarity (RPS) dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk digelar di aula SMAN I Rengel, Sabtu (22/3).

Peserta serius saat diskusi
Peserta serius saat diskusi

Para siswa yang sebagian besar pengelola majalah sekolah tersebut dengan antusias mengikuti materi jurnalistik. Bahkan, mereka juga diminta mempraktikkan  membuat berita.

‘’Semoga kegiatan sekolah jurnalistik ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kepada para siswa yang ikut serta dalam kegiatan ini. Selain     dapat menggugah dan memicu minat siswa di bidang jurnalistik juga gemar menulis dan berkarya,’’ ujar Kepala Sekolah  SMAN 1 Rengel, Lukijan dalam sambutannya.

Menurutnya, press selain mempunyai fungsi menyampaikan informasi kepada masyarakat juga memiliki fungsi kontrol yang baik dalam pemerintahan, politik, ekonomi, maupun sosial. Selain itu, press juga mempunyai fungsi edukasi, yaitu, turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka, sekolah jurnalistik ini merupakan salah satu bentuk edukasi yang dilakukan wartawan yang tergabung dalam RPS.

‘’Kami atas nama sekolah mengucapkan terimakasih kepada RPS yang telah bersedia berbagai ilmu dan berbagai pengalaman dengan para siswa. Di tengah-tengah kesibukannya telah bersedia berbagai ilmu kepada para siswa,’’ tandasnya.

Sementara itu, Ketua RPS Khoirul Huda dalam sambutannya mengungkapkan, sekolah jurnalistik ini merupakan salah satu bentuk berbagai terhadap masyarakat yang bisa diberikan oleh RPS.

Selain itu, RPS akan menggelar sekolah jurnalistik di 32 sekolahan tingkat SMA dan universitas yang ada di Tuban. Sedangkan, untuk SMAN 1 Rengel ini merupakan sekolah ke 7 yang telah didatangi RPS untuk berbagai pengalaman dalam kejurnalistikan.

‘’Semoga yang kami berikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagai para siswa,’’ tuturnya.

Terpisah, Zomi salah satu peserta sekolah jurnalistik saat dikonfirmasi mengungkapkan, kegiatan sekolah jurnalistik tersebut sangat bermanfaat untuk para siswa. Selain itu, kegiatan ini dapat memberikan wawasan kepada para peserta tentang ilmu jurnalistik. Dalam kegiatan tersebut peserta juga diajarkan bagaiman cara menulis berita, teknik wawancara, dan berbagai ilmu yang terkait jurnalistik.

‘’Semoga kegiatan seperti ini tidak berhenti disini saja, dan ada tindak lanjutnya,’’ pungkas dia. (karya peserta pelatihan jurbalistik kelompok 5,  Santi Ning Rahayu,  Fitri Nurdiansyah,  Dwi Hananda,  Ahmad Riza, Muhammad  Mifta Ario Taurion)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.