Siswa SMKN 2 Tuban Study Juranalistik Bareng RPS

Pelatihan jurnalistik di SMKN 2 Tuban
Pelatihan jurnalistik di SMKN 2 Tuban

kotatuban.com – Di tengah kesibukannya mengikuti kegiatan Masa Oreantasi Pelajar (MOP), sejumlah siswa kelas X Sekolah Menengah Kenjuruan Negeri (SMKN) 2 Tuban tetap antusias mengikuti pelatihan njurnalistik.

Pelatihan jurnalistik yang ditutup dengan praktik pembuatan berita itu diadakan Kumpulan wartawan Tuban yang tergabung dalam Ronggolawe Press Solidarity (RPS) bekerjasama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pelatihan itu diadakan di ruang rapat SMKN 2 Tuban, Sabtu (20/9).

Kegiatan Sekolah Jurnalistik tersebut juga diikuti oleh crew majalah sekolah Etalase Siswa Terampil dan Kreatif (Estafet). Selain itu, kegiatan tersebut juga diikuti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Pasukan Bendera SMK Negeri 2 Tuban (PASBARADA).

Waka Kurikulum SMKN 2 Tuban, Agus Siswanto dalam sambutannya mengungkapkan, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh para wartawan yang tergabung dalam RPS tersebut. Pasalnya, kegitan tersebut dapat memicu kreatifitas siswa terutama dalam tulis menulis. ‘’Kami berharap setelah pelatihan jurnalistik ini majalah Estafet akan lebih maju dan lebih baik lagi,’’ ungkapnya.

Sementara itu, panitia kegiatan, Dion Fajar mengatakan, Sekolah Jurnalistik berlangsung sejak Januari 2014 lalu dan sudah diselenggarakan 29 kali di SMA/SMK dan Perguruan Tinggi se-Kabupaten Tuban dari 32 SMA/SMK yang akan dikunjungi. Sedangkan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk berbagi ilmu, pengetahuan dan pengenalan tentang jurnalistik kepada para siswa tingkat SMA. ‘’Minimal mereka paham tentang jurnalistik, terkait bagaimana cara menulis berita dengan baik,’’ ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut meliputi pengetahuan dasar jurnalistik, teknik menulis berita, teknik reportase dan wawancara serta menulis berita. Dalam kesempatan tersebut juga diberikan gambaran tentang bagaimana kegiatan para wartawan di lapangan dengan menampilkan video. ‘’Kami juga berharap materi-materi yang diberikan dapat diterima oleh peserta dengan baik,’’ tutur wartawan televisi tersebut. (kiriman siswa, kelompok 3, Asti Widia Y.P, Dianis Elmia, Siti Shofi Ima, Siti Yulia T.H, Stya Wati Ningsih)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.