SJ RPS, Diharapkan Bisa Mengasah Kemampuan Siswa Menulis

Siswa saat mengikuti latihan jurnalistik
Siswa saat mengikuti latihan jurnalistik

kotatuban.com – Ronggolawe Press Solidarty (RPS) berharap sekolah jurnalistik (SJ) yang dilakukan kerjasama antara RPS dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, dapat memberikan manfaat kepada para siswa di Kabupaten Tuban. Terutama dalam hal dunia tulis menulis, Selasa (30/09).

Hal tersebut disampaikan, Ketua RPS Khoirul Huda dalam sambutannya pada sekolah jurnalistik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Abdi Negara Tuban. Menurutnya, dalam kegiatan tersebut para siswa akan dilatih secara langsung oleh para wartawan yang tergabung dalam RPS.

”Yang diajarkan jurnalistik dasar, mulai dari teknik reportase dan wawancara, teknik menulis berita, dan sampai dengan praktek menulis berita,” ungkapnya.

Menurutnya, diharapkan selain agar para siswa dapat menulis berita yang baik dan benar, pelatihan tersebut juga dapat mengasah nalar kritis para siswa. Selain itu, para siswa juga dapat mengengembangkan potensi dirinya dalam dunia tulis menulis baik melalui media sekolah maupun media lainnya. ”Pelatihan ini juga dapat bermanfaat saat nanti para siswa lulus sekolah,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Humas SMK Abdi Negara Tuban, Agus Pribadi mengungkapkan, berterimakasih kepada para wartawan yang tergabung dalam RPS. Pasalnya, telah bersedia membimbing para siswa secara langsung dalam ilmu jurnalistik.

”Pelatihan seperti ini tidak akan didapatkan para siswa didalam sekolahan. Apalagi ini yang mengajarkan para wartawan langsung, sehingga para siswa dapat lebih mudah dalam penerimaan materi,” pungkasnya. (duc)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.