Soal Fraksi, Lima Partai Belum Tentukan Sikap

Sidang DPRD Tuban
Sidang DPRD Tuban

kotatuban.com-Lima partai yang tidak mendapatkan jumlah kurusi minimal untuk membentuk fraksi sendiri di DPRD Tuban belum menentukan sikap. Mereka masih melakukan komunikasi dengan partai lain untuk menjajagi kemungkinan mereka bergabung.

Lima partai yang tidak bisa membentuk fraksi sendiri, yakni, Partai Nasdem (3 kursi), PKS (3 kursi), PAN (3 kursi), PPP (2 kursi) dan Hanura (1 kursi).

“Kami masih melakukan pembicaraan dengan teman-teman lain. Apakah kami harus bergabung dengan partai yang sudah bisa membentuk fraksi sendiri atau bagaimana,” terang saslah satu anggota DPRD Tuban dari PPP, Aguk Sihabudin.

Sementara partai yang mampu mendapatkan lima kursi di DPRD tidak perlu bersusah payah mencari tambahan. Karena jumlah itu merupakan jumlah mnimal untuk bisa membentuk frkasi sendiri.

Partai-partai yang perolehan kursinya sudah bisa membentuk fraksi di DPRD itu, yakni, PKB (14 kursi), Golkar (7 kursi), Demokrat (6 kursi), Gerindra (6 kursi) dan PDIP (5 kursi).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC ) PDIP, Karjo mengungkapkan,  dengan perolehan kursi sebanyak lima kursi, PDIP berhak membentuk fraksi tersendiri.

“Sesuai hasil pemilu legislatif  kita mendapatkan lima kursi, dengan demikian kita tidak perlu kualisi dengan partai lain untuk membentuk fraksi di DPRD,” kata Karjo.

Menurut Karjo, pembentukan frakksinya tersebut telah dilaporkan disekertariat DPRD (Sekwan) Tuban, setelah sebelumnya melaksanakan rapat internal DPC terkait pembentukan fraksi tersebut.” Pembentukan itu juga sudah kita rapatkan dengan DPC,” katanya.

Terkait adanya koalisi antar partai politik yang tidak mendapatkan cukup kursi, sehingga bergabung dengan partainya, Karjo mengaku, kemungkinan tersebut sangat kecil, salah satu alasannya banyak partai ingin berdiri sendiri.

“Kemungkinan sangat kecil, karena semua sudah terbentuk, baik satu partai maupun gabungan,” imbuhnya. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.