Sumur Migas di Sukowati dan Mudi Produksinya Terus Menurun

kotatuban.com-Menyonngsong tahun 2015, JOB PPEJ berupaya bisa kembali meningkatkan produksi pada sumur-sumur di lapangan Sukowati dan Mudi yang ada di Bojonegoro dan Tuban.
image
“Sumur-sumur itu secara alamiah sedang mengalami penurunan, namun dengan segala kemampuan dan pengalaman, JOB PPEJ akan berupaya bisa mempertahankan produksi, bahkan berupaya meningkatkan produksinya,” kata Akbarsyah, General Manager  JOB PPEJ disaat memberi sambutan pada acara Media Edutainment & Field Visit 2014 di Surabaya, Rabu (10/12).

Akbarsyah menjelaskan, tahun 2012 produksi  dari sumur-sumur yang ada di Sukowati dan Mudi bisa mencapai 40,321 bopd (barrel oil per day), namun pada tahun 2013 turun menjadi 33/114 bopd dan pada November 2014 rata-rata produksi kembali turun menjadi 25.244 bopd.

“Hingga akhir Desember produksi kita perkirakan rata-rata mencapai 25.105 bopd. KIta lihat, meski kami sudah berupaya menahan arus penurunan alamiah lewat perawatan pada sumur-sumur yang kini masih berproduksi, tetapi tren produksi masih terus turun,” katanya.

Untuk bisa menahan laju penurunan alamiah dan bahkan kembali meningkatkan, lanjut Akbarsyah, sangat bergantung pada keberhasilan kegiatan pencarian cadangan baru dan pengeboran sumur produksi baru.

Terkait dengan usaha mencari cadangan baru dan pengeboran sumur baru itu, Akbarsyah berharapn bisa mendapat dukungan dari seluruh pemangku kepentingan yang ada di Tuban dan Bojonegoro, termasuk  insan media.

Akbarsyah menambahkan, usaha menemukan cadangan baru maupun melakukan eksploitasi pada sumur baru bukan hanya menyangkut masalah teknis, tetapi juga masalah perizinan dan masalah sosial.

“Saya yakin, semua masalah itu akan lebih mudah kami atasi jika kami mendapat dukungan dari media. Media  bukan hanya menyampaikan apirasi masyarakat, tetapi juga bisa berperan mengedukasi masyarakat atas arti penting kegiatan ekplorasi dan eksploitasi bagi peningkatan kedaulatan energi nasional,” jelasnya.

Ditegaskan upaya meningkatan kembali produksi di sumur-sumur Sukowati dan Mudi, tambah Akbarsyah harus terus diupayakan karena kebutuhan produksi minyak nasional terus meningkatkan. Sebagai salah satu KKKS yang mendapat amanah mengelola lapangan Sikowati dan Mudi, JOB PPEJ berkeinginan ikut berkontribusi pada peningkatan kedaulatan energi nasional.

“KKKS, termasuk JOB PPEJ tidak bisa berkerja sendiri. Pemerintah bahkan telah mengeluarkan melalui  Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2012. Karena itulah kami sangat membutuhkan dukungan dari teman-teman wartawan bagaimana kegiatan kami bisa mendapat dukungan dari seluruh pemangku kepentingan,” katanya.

Pada acara bertajuk Media Edutaiment dan Field Visit  yang digekar SKK Migas dan JOB PPEJ yang dibuka Kepala SKK Migas Jabamanusa  Ag Djoko Widhihananto ini hadir menjadi pembicara diskusi Direktur Pemberitaan Media Indonesia Usman Kansong dan VP MR ConocoPhilips Elan Biantoro.

Setelah melakukan diskusi, wartawan akan diajak SKK MIgas dan JOB PPEJ melakukan kunjungan lapangan ke fasilitas produksi JOB PPEJ. Kunjungan dimulai dari Kantor Lapangan Mudi di Tuban dan berakhir di lapangan Sukowati di Bojonegoro. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.