Tak Laik Kurban, Hewan Kurban Bakal Dikembalikan

Petugasa saat sidak di tempat pengumpulan hewan kurban
Petugasa saat sidak di tempat pengumpulan hewan kurban

kotatuban.com-Hewan sumbangan dari berbagai pihak ke Pemkab Tuban yang dinyatakan tak laik dijadikan kurban akan segera dikembalikan. Hasil pemeriksaan petugas Dinas Pertanin dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Tuban, menemukan sejumlah kambing  tidak sesuai kriteria kurban.

“Kami akan isolasi dan pisahkan hewanyang kami temukan sakit mata dan satu lagi tidak memiliki buah zakar. Hewan yang sakit atau cacat jelas tidak sesuai dengan kreteria hewan layak kurban, sehingga akan dikembalikan ke penyumbang,” ujar kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban Cipta Dwi Priyata, Jumat (3/10)

Dia menjelaskan, kambing hasil pemeriksaan antem mortem (pemeriksaan hewan sebelum dipotong) yang ditemukan di tempat pengumpulan hewan sumbangan Pemerintah Kabupaten Tuban tersebut,  selanjutnya akan dilaporkan kepada pemilik atau penyumbang untuk selanjutnya dikembalikan.

“Nanti akan kami laporkan kepada penyumbngnya, atau kita kembalikan. Namun semua keputusan tetap penyumbang yang memiliki hak, mau diapakan kambing tersebut,” jelas Cipta.

Cipta menyampaikan, untuk penyakit mata pada hewan sebenarnya cukup mudah disembuhkan dengan memberikan obat. Dan dalam waktu beberapa hari sakit tersebut akan sembuh,. Namun, penyakit tersebut dikawatirkan menular, sehingga hewan berpenyakit langsung diisolasi. (kim)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.