Tanggap Darurat, TNI Terjun Perbaiki Jalan

kotatuban.com – Sebanyak 4.500 personel TNI AD membantu Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) melakukan perbaikan jalan pantai laut utara (Pantura). Perbaikan ini mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur, anggota TNI menutup jalan yang berlubang pada jalur Pantura.

Kasad Jenderal TNI Budiman
Kasad Jenderal TNI Budiman

Hal ini diungkapkan Kepala Staf TNI AD  Jenderal TNI Budiman saat melakukan pengecekan perbaikan jalan di jalur Pantura Tuban, Senin (10/2). ”Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden dalam rapat kabinet terbatas pada tanggal 7 Pebruari yang lalu, TNI untuk membantu PU penanganan tanggap darurat untuk jalan pantura yang memang saat ini mengalami kerusakan parah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Budiman mengatakan, jalur Pantura merupakan jalur ekonomi yang sangat vital. Sehingga, jalur Pantura ini harus segera diperbaiki untuk kesetabilan ekonomi. Selain itu, Kodim dan jajaran untuk koordinasi secara langsung dengan pemerintah daerah dalam perbaikan jalan ini. ”Karena material dan dana untuk perbaikan jalur Pantura selain dari Kemen PU dan dari pemerintah daerah,” tuturnya.

Menurutnya, bahwa 4.500 personil yang diterjunkan tersebut belum merupakan jumlah total personil  yang dimiliki tiap satuan karena kondisi di lapangan belum terlalu dibutuhkan pengerahan secara maksimal. Saat ini TNI membantu Bina Marga dengan menutup lubang jalan yang ada dengan aspal dan hotmix. ”Kalau daerah yang mulai kering, sudah menutup dengan campuran hotmix secara terbatas. Yang terpeting lalu lintas ekonomi jangan sampai terganggu karena rusaknya jalan ini,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.