Tanggul Jambon Jebol Petani Tak Berani Tanam

Taggul jebol
Taggul jeb19

kotatuban.com – Sebagian petani yang memiliki lahan persawahan disekitar tanggul Avur Jambon tidak berani tanam. Pasalnya, para petani tersebut takut jika memaksa tanam, tanamannya akan rusak diterjang air akibat jebolnya tanggul yang berada di wilayah Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban tersebut, Jumat (19/12).

Pantauan kotatuban.com dilapangan, sekitar 6 petak sawah milik warga tampak tidak ditanami. Sawah yang berada tidak jauh dari tanggul Jambon tersebut hanya tampak material tanggul berupa batu, tanah, dan karung yang berisikan pasir berserakan di sawah warga.
”Petani yang memiliki sawah disekitar tanggul ini tidak berani tanam lagi. Karena beberapa minggu yang lalu waktu jebol yang pertama tanaman padi warga sudah rusak. Dan jebolnya tanggul yang kedua ini memperparah kondisi sawah,” terang, Karsono (52) salah satu petani yang ditemui kotatuban.com.
Menurutnya, petani yang memiliki sawah disekitar tanggul yang dibangun belum genap setahun tersebut tidak akan menggarap sawah sampai tanggul tersebut diperbaiki kembali. Pasalnya, sawah disekitar tanggul tersebut akan menjadi aliran air jika terjadi hujan.
”Jika ada hujan aliran air akan melewati sawah ini, karena tanggul jebol. Sehingga, akan percuma jika petani memaksa untuk tanam, malah akan menambah kerugian,” tandasnya.
Para petani yang memiliki sawah disekitar Avur Jambon tersebut berharap agar pemerintah segera memperbaiki kembali tanggul yang jebol tersebut. Sehingga, para petani dapat bercocok tanam kembali. ”Ya, ini satu-satunya ladang penghasilan kita, kalau tidak bisa digarap, kita tidak tahu akan kerja apa lagi,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.