Tanggul Jambon Kembali Jebol

Persawahan yang tergenang air banjir
Persawahan yang tergenang air banjir

kotatuban.com – Tanggul Jambon yang berada di Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban kembali jebol, setelah diterjang air banjir kiriman dari daerah  Kecamatan Grabakan. Akibatnya, puluhan hektar sawah yang berada di Desa Kapu, Tahulu, Mandirejo, Kecamatan Merakurak, dan Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban direndam air banjir, Sabtu (31/01).

Selain menggenangi puluhan hektar areal persawahan, air banjir juga menggenangi pemukiman sebagian warga Desa Kapu, Kecamatan Merakurak, dan Desa Sumurgung Kecamatan Tuban.

”Banjir ini datang sekitar pukul 9 malam dan disebabkan jebolnya tanggul Jambon. Banjir ini merupakan banjir kiriman dari daerah Grabakan karena di sini hanya gerimis saja. Kalau semalam ketinggian air yang memasuki rumah warga sampai selutut orang dewasa. Alhamdulillah sekarang udah surut,” terang Samsul, salah satu warga Desa Kapu saat ditemui kotatuban.com.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiono saat dikonfirmasi kotatuban.com membenarkan banjir yang menggenangi pemukiman warga dan areal persawahan tersebut diakibatkan jebolnya tanggul sungai Jambon.

”Iya banjir itu disebabkan jebolnya tanggul Jambon, yang disebabkan terjangan air kiriman dari daerah Grabakan,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk saat ini BPBD juga sudah melakukan komunikasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban untuk menginventarisir kerusakan dan akibat jebolnya tanggul tersebut. Sehingga tanggul tersebut bisa segera diperbaiki.

”Kita sudah komunikasi dengan PU untuk memperbaiki tanggul Jambon itu. Dan semoga tanggul itu bisa segera diperbaiki kembali,” pungkasnya. (duc)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.