Tarif Parkir Mencekik Dikeluhkan Warga

image

kotatuban.com-Tarif parkir jalan raya di Kabupaten Tuban, dikeluhkan warga lantaran tidak sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh peraturan daerah (Perda) Tuban No 12 Tahun 2001.
Dalam Perda itu disebutkan sekali parkir mobil dikenakan biaya Rp 1000 dan sepeda motor Rp 500.

Namun, kenyataannya banyak juru parkir di sejumlah lokasi mengenakan biaya dua kali lipat, bahkan di lokasi wisata Boom sampai Rp 5000 untuk sekali parkir sepeda motor.

Amburadulnya pengelolaan parkir tidak hanya di jalan raya stau tempat wisata, namun, parkir di RSUD Koesma juga tidak sesuai aturan. Bahkan, disejumlah lokasi parkir diduga liar, karena karcisnya tidak resmi sesuai yang dikeluarkan Dishub Tuban.

“Parkirnya ngawur, masak parkir jalan raya ditarik duaribu,” ujar Rohman salah seorang warga pengguna motor.

Pantauan di lapangan, sejumlah tempat yang menerapkan parkir di atas ketentuan diantaranya lokasi parkir sepanjang jalan Pemuda Tuban, jalan Kartini dan Jalan Feteran serta seputaran Alun-Alun Tuban.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban, Paraith menjelaskan, pihaknya sudah seringkali melakukan pembinaan bagi juru parkir. Namun, masih ada saja oknum nakal yang memanfaatkan untuk menarik parkir sembarangan.

“Jika itu terjadi , yang jelas bukan petugas kami, karena juru parkir yang ada surat tugas dari kami pasti tidak seperti itu,” jelas Paraith.

Paraith juga mengatakan, parkir di jalan raya sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tuban tentang  ketertiban umum, yakni perda nomer 12 tahun 2011. Dalam aturan tersebut dijelaskan, parkir kendaraan di jalan (parkir jalan raya) dikenakan tarif Rp500 untuk kendaraan berotor roda dua, dan Rp1000 untuk kendaraan bermotor roda empat.

“Diluar ketentuan yang ada itu jangan diberikan, atau bila perlu laporkan kepada kami biar kami tindak, kalau memang itu petugas kami akan kami cabut surat tugasnya,” tegas Paraith. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.