Tekan Peredaran Mamin Tak Bermerek Pemkab Gelar Razia

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban menggelar razia makanan dan minuman (Namin), Kamis (27/3). Operasi gabungan yang dilakukan oleh Dinas Perekonomian, Kepolisian, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tersebut untuk meminimalisir peredaran makanan dan minuman yang tak memiliki merek dan kadaluwarsa.

Petugas saat memeriksa sejumlah mamin yang dijual
Petugas saat memeriksa sejumlah mamin yang dijual

Petugas mulai menyisir pedagang pusat oleh-oleh yang berada disepanjang Jalan Manunggal Selatan. Selain itu, petugas juga menyisir supermarket dan minimarket yang ada di kota Tuban. ”Razia ini kita lakukan untuk meminimalisir peredaran makanan dan minuman yang tak bermerek dan yang kadaluwarsa,” ujar Kasi Metrologi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban, Sunaryo.

Menurutnya, dalam operasi tersebut petugas mendapatkan adanya barang-barang yang tidak layak, seperti  barang tanpa memiliki merek, tanpa memiliki izin dan tanpa tanggal kadaluarsa. Selain itu, juga ditemukan adanya kemasan barang yang rusak dan telah masuk tanggal kadaluarsa. ”Barang-barang dagangan yang tidak sesuai dengan aturan kita sita dan kita musnahkan,” tandasnya.

Lebih lanjut Sunaryo mengatakan, kegiatan operasi mamin tersebut akan terus dilakukan terutama jika menghadapi hari-hari besar. Yang memang banyak pedagang “nakal” yang memanfaatkan momen tersebut untuk menjual makanan yang tidak sesuai dengan aturan. ”Kegiatan ini kami lakukan terutama untuk melindungi konsumen,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.