Terendam Air, Puluhan Hektar Jagung Berpotensi Gagal Panen

Ladang jagung yang terendam air
Ladang jagung yang terendam air

kotatuban.com – Puluhan hektar lahan jagung milik petani Desa Sumber, Kecamatan Merakurak dipastikan akan gagal panen. Pasalnya, tanaman jagung milik warga yang berusia sekitar dua bulan tersebut terendam air.

Sehingga, tanaman jagung milik petani tersebut membusuk, lantaran terendam air aikibat hujan yang turun dikawasan Tuban dalam waktu beberapa hari belakangan ini. Oleh para petani tanaman jagung tersebut dijadikan makanan ternak.
”Tanaman jagung yang terendam air di Desa Sumber ini ada sekitar 85 hektar. Dan pada musim tanam kali ini petani dipastikan akan gagal. Dan kita telah melaporkan kejadian ini kepada pihak Kecamatan Merakurak dan Dinas Pertanian Kabupaten Tuban,” terang, Plt Kepala Desa Sumber Zainul Arifin kepada kotatuban.com, Jumat (14/10).
Jika dalam satu hektar petani mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta sampai Rp 12 juta. Sehingga, kerugian petani Desa Sumber mencapai ratusan juta rupiah. Kini petani di Desa Sumber hanya bisa pasrah dan menunggu cuaca cerah, dan selanjutnya petani akan tanam kembali.
”Petani hanya bisa pasrah saja. Dan kami berharap pemerintah segera turun tangan untuk meringankan beban para petani,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.