Tingkatkan Kamtibmas, Pemerintah Bentuk FKDM

image
Bupati Fathul Huda saat melantik FKMD

kotatuban.com-Tingkatkan stabilits daerah serta Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban bentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Rabu (10/12).

Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein, usai acara pengukuhan mengatakan, pembentukan forum tersebut bertujuan mendeteksi dan mengantisipasi potensi konflik ditengah masyarakat. Forum diharapkan memberika informasi segera atau melaporkankepada pemerintah maupun instansi terkait mengenai ancaman keamanan, gejala dan gangguan serta peristiwa maupun bencana alam lain yanng terjadi disekitarnya.

“Dengan demikian pemerintah dapat secara cepat bertindak, sehingga penanganan dapat dilakukan sedini mungkin,” kata Wabup Noor Nahar.

Wabup menjelaskan, forum kewaspadaan dini merupakan wadah bagi masyarakat untuk menciptakan konsisi aman bebas gangguan baik yang muncul karena alam maupun yang muncil akibat konflik sosial, serta aktifitas politik dimasyarakat.

“Potensi gangguan itu bermacam-macam, ada yang ulah manusia sendiri, seperti konflik antar warga maupun kelompok, atau yang berasal dari faktor alam, seperti bencana alam yang bermacam-macam itu,” jelas Noor Nahar.

Dengan kewaspadaan dini, masyarakat diharapkan dapat mengenali dan mengetahui sejak dini faktor pemicu gangguan, dan permasalahan ketertiban masyarakat, dengan mengamati indikasi-indikasi yang muncul.

“Kalau indikasinya sudah dapat kita deteksi tentu lebih baik, sehingga potensi gangguan itu dapat kita cegah atau minimal dapat diantisipasi dampaknya,”  sambung Wabup

Dia berharap, dukungan seluruh lapisan masyarakat, agar forum tersebut dapat berjalan dengan baik serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, dan selanjutnya berimbas kepada citra baik daerah. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.