Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Sosialisasi di Tempat Keramaian

kpukotatuban.com – Berbagai cara dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Salah satu cara yang dilakukan KPU Tuban yakni dengan membagi-bagikan stiker dan brosur tentang Pemilu kepada masyarakat ditempat keramaian.
Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Organisasi KPU Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini saat ditemui kotatuban.com, Sabtu (05/07) ditengah-tengah sosialisasi tersebut mengungkapkan, bahwa untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, KPU melakukan operasi simpatik ditempat-tempat keramaian.
”Untuk saat ini kami melakukan sosialisasi di Rest Area ini dan sebelumnya, sosialisasi seperti ini juga kami lakukan di Pasar Baru Tuban. Dan nantinya kegiatan seperti ini juga akan kita lakukan ditempat-tempat keramaian lainnya, seperti swalayan dan di lampu merah,” ungkapnya.
Menurutnya, dengan dilakukannya sosialisasi ini diharapkan masyarakat yang menggunakan hak pilihnya lebih banyak lagi jika dibandingkan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) kemarin. Untuk Pileg tingkat partisipasi masyarakat Tuban sebesar 74 persen. Sehingga, angka golput atau tidak menggunakan hak pilihnya sebesar 26 persen.
”Kami berharap pada Pilpres yang akan digelar pada 9 Juli mendatang, tingkat partisipasi masyarakat dapat meningkat jika dibandingkan dengan Pileg. Minimal bisa samalah jika dibanding dengan Pileg,” ujarnya.
Lebih lanjut, Yayuk mengatakan, partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya tersebut sangatlah penting. Pasalnya, masyarakat lah yang menentukan siapa pemimpinnya. Sehingga, maju mundurnya negara ini tergantung dari pilihan rakyat. ”Masyarakat harus memilih sesuai dengan hati nuraninya. Karena pilihan kita didalam TPS tersebut masa depan bangsa kita untuk lima tahun kedepan,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.