Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPUK Tuban Gelar Sosialisasi

kotatuban.com– Untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan menghindari kesalahan saat proses pemilihan umum anggota lgislatif (Pileg) yang akan berlangsung pada 9 April mendatang, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban berencana melaksanakan simulasi pencoblosan di sejumlah titik di Kabupaten Tuban.

“Selain simulasi yag nanti akan kami laksanakan, kemungkinan di lima titik juga akan kami lakukan sosialisasi untuk seluruh jajaran termasuk tingkat kecamatan dan tingkat desa,” ujar Yayuk Dwi Agus Sulistyo Rini, komisioner KPUK Tuban divisi pendaftar dan pemilih.

Simulasi sendiri akan di konsep sebagaimana pelaksanaan pemilihan umum di TPS, dengan melibatkan seluruh petugas TPS, KPPS dan saksi.

Iklan sosialisasi Pemilu 2014
Iklan sosialisasi Pemilu 2014
Selain melalui petugas di kecamatan dan desa, sosialisasi juga akan dibantu oleh relawan demokrasi (Relasi), yang bertugas mengajak sekaligus mensosialisasikan pemilu kepada warga untuk datang ke TPS dan memberikan hak pilihnya.

“Nanti dibantu RELASI kami, yang juga akan ikut serta mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam Pileg 9 April itu,” sambung Yayuk.

Simulasi rencananya akan dilaksanakan pada Minggu ke empat bulan Maret ini. Kemudian mendekati pelaksanaan sekitar minggu pertama bulan april akan dilakukan woro-woro untuk mengingatkan kembali warga masyarakat tentang pelaksanaan pemilu 9 April.

Pada pemilihan gubernur tahun lalu, simulasi dilaksanakan di lima titik, yakni Kecamatan Tuban Kota, Kecamatan Plumpang, Kecamatan Bangilan, Kecamatan Montong dan Kecamatan Palang, ditambah satu sosialisasi di Lembaga Permasyarakatan (Lapas).

“Sosialisasi akan melibatkan RELASI yang berjumlah 25 orang. Seluruhnya dibagi di 5 unsur (Segmen) yakni pemilih pemula, unsur agama, pemilih perempuan, pemilih marginal (pinggiran) dan disabilitas (penyandang cacat).

Selanjutnya, jika memang di perlukan, pelaksanaan sosialissi dan simulasi pemilihan akan dilaksanakan juga di PPK jika waktunya masih ada. “Masing-masing PPK jika ngatasi akan di berikan kesempatan untuk melaksanakan sosialisasi,” pungkas Yayuk. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.