Tuban Bakal Tata Pantai RE Matadinata untuk Wisata Kuliner

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, berencana membangun fasilitaas publik dan tempat wisata rakyat di utara Jalan RE Martadinata Tuban,  atau tepatnya pantai kawasan utara Rest Area Tuban. Rencananya, Pemkab bakal emmanfaatkan pantai sejauh 50 meter ke arah laut mulaidari depan terminal lama hingga arah ke Klenteng Kwan Sing Bio Tuban.

Diharapkan pembangunan ini, selain memberikan ruang publik masyarakat Tuban, juga untuk menarik minat wisatawan dari luar daerah untuk berkunjung ke kabupaten atau sekedar melepas lelah saat lewat Tuban.

“Kami akan bangun pengembangan lokasi wisata dan fasilitas publik di sana, ini bisa jadi tempat kuliner atau wisata lain dan non karcis alias geratis,” kata Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, Rabu (16/11).

Djelaskan, saat ini pemerintah bersama tim ahli sudah melakukan studi kelayakan terkait rencana pembangunan fasilitas yang akan dibangun di belakang moumen garuda ke arah timur hingga depan Klenteng Kwan Sing Bio. Namun, pembangunan fasiltas publik sepanjang 50 meter ke arah laut itu tidak akan menggunakan cara reklamasi (pengurukan) melainkan gladak atau tiang pancang.

“Tidak ada reklamasi, nanti akan dibuat semacam gladak dengan tiang pancang. Entah dengan cor atau kayu besi, agar nilai artistiknya lebih terasa dengan suasana laut di utara kota itu, ” jelas Wabup.

Sejauh ini, Wabup belum membeberkan soal angaran yang rencananya akan menggunakan APBD atau PAPBD tahun 2017 itu.  Yang pasti proyek itu akan dimulai tahun 2017 mendatang.

“Kita masih baru studi, soal anggaranya tentu belum dipastikan,  namun ini rencana pengembangan tahun 2017, terang Noor Nahar.

Wabup berharap, dengan dibangunya fasilitas publik  dan wisata rakyat itu, dapat menambah kunjungan wisata ke Tuban. Dengan meningkatnya kunjungan wisata secara langsung atau tidak langsung akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dari sektor wisata.

“Kunjungan wisata ke daerah itu penting, secara langsung atau tidak ini akan berdampak pada perekonomian, misalnya dengan banyaknyawisata tentu pedagang di kawasan rest area nantinya akan semakin banyak pembeli, “ pungkas Wakil Bupati Tuban itu. (kim)

Keterangan Foto: wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.