Tuban Status Waspada Petir dan Puting Beliung

Porakporanda diterjang angin puyuh
Porakporanda diterjang angin puyuh

kotatuban.com-Memasuki musim hujan tahun ini, Kabupaten Tuban berstatus waspada bencana petir, dan puting beliung. Penetapan status terebut di sampaikan oleh Kepala Badan Penanggulaangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban Joko Ludiono, Rabu (19/11).

“Status Tuban saat ini waspada bencana angin dan petir saat hujan lebat,” ujar joko Ludiono.

Dia mengatakan, sesuai hasil data yang dilansir BPBD Tuban, dari Badan Meterologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG), beberapa wilayah Kabupaten Tuban masuk dalam peta awan merah (awan Columbus) sebagai pemicu terjadinya angin dan petir.

“Data BMKG menyebutkan demikian, munculnya awan merah dibeberapa wilayah akan berpotensi puting beliung dan petir hebat,” kata Joko.

Adapun daerah yang paliing berpotensi sesuai peta BMKG, diantaranya wilayah Kecamatan Montong, Kecamatan Widang, Kecamatan Palang , Kecamatan Semanding, Kecamatan Merakurak dan Kecamatan Kerek.

“Beberapa wilayah itu cukup berpotensi, itu berdasarkan kebiasaan sebelumnya sekaigus pengamatan yang kami lakukaan. Selain memang letak geografis daerah itu,” terang Joko.

Selanjutnya, diimbau, kepada warga yang tinggal di kawasan rawan bencana untuk selalu mewaspadai segala kemungkinan yang terjadi, serta melaporkan segala gejala alam yang ada.

“Kami sudah berkordinasi dengan seluruh camat dan pemerintah desa. Kita juga mengimbau warga waspada dan melaporkan jika ada gejala maupun kejadian di tempat mereka,” imbuhnya. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.