Tunggu Perbub, Kantor Perijinan Terpadu Belum Berfungsi

Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Tuban
Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Tuban

kotatuban.com– Hingga hari ini, kantor Perijinan terpadu Kabupaten Tuban , yang berada di Jalan Dr Wahidin Sudiro Hhusodo belum berfungsi. Akibatnya, pelayanan perijinan yang direncanakan akan dipusatkan dalam satu atap, seperti ijin usaha, ijin pertambangan, Ijin mendirikan bangunan, serta berbagai perijinan lain hingga kini masih dilaksanakan di kantor dinas masimg-masing.”Memang belum difungsikan, makanya perijinan yang seharusnya dapat dilaksanakan di sana, seperti perijinan usaha masih ada di kantor Dinas Perekonomian,” ujar Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, saat dikonformasi kotatuban.com.

Noor Nahar Hussein menjelaskan, belum berfungsinya kantor Perijinan terpadu tersebut disebabkan Pemkab Tuban hingga kini belum memiliki tenaga administratur khusus untuk menangani perijinan. Sebab, petugas yang selama ini menangani perijinan merupakan staf dari kantor dinas masing-masing yang juga mempunyai tugas lain di kantornya. Hal tersebut menyebabkan Pemkab Tuban masih kesulitan untuk mengisi tenaga untuk ditempatkan secara permanen di kantor Perijinan terpadu.

“Sebenarmya kita masih belum memiliki tenaga, misalkan kita narik tenaga dari dinas perekonomian, itu juga tidak mungkin, karena di dinas tersebut yang bersangkutan juga punya tanggungjawab yang lain, ” terang Wabup.

Dikatakan Wabup, selain persoalan tenaga administrasi, belum fungsinya kantor perijinan terpadu, karena pelaksanaannya juga harus ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati (Perbup) tentang tugas pokok dan fungsi organisasi sebagai tindaklanjut Perda tendang badan perijinan yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian.

“Diupayakan Perbup yang dimaksud akan selesai tahun ini, dan selanjutnya kantor perijinan terpadu itu akan ditindaklanjuti dengan pengisian personil”, terang Wabup.

Wabup menegaskan pembangunan kantor Perijinan terpadu adalah dalam rangka memudahkan masyarakat dalam mengurus perijinan. Sebab, kalau selama ini masyarakat harus ke sana-kemari untuk mengurus surat ijin tertentu, dengan berfungsinya UPT terpadu nanti, masyarakat cukup datang di satu kantor untuk mendapatkan pelayanan berbagai keperluan.

“Tentu harapan kami ini akan mempermudah dan meningkatkan pelayanan utamanya perijinan untuk masyarakat,” imbuh Wabup. (kim)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.