Wabub : Pengangguran Jadi Problem Utama Tuban

Wabup Noro Nhar didampingi Kepala Disnakertran, Nurjannah saat membuka  Job Fair 2014
Wabup Noro Nhar didampingi Kepala Disnakertran, Nurjannah saat membuka Job Fair 2014

kotatuban.com – Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husain membuka pameran bursa kerja (job market fair) tahun 2014 di Gedung Olahraga Rangga Jaya Anoraga, Senin (23/06). Bursa kerja yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Kabupaten Tuban tersebut akan dilaksanakan selama dua hari, tanggal 23-24 Juni.

Dalam sambutannya, Wabub Noor Nahar mengungkapkan, salah satu yang menjadi problem Pemerintah Daerah (Pemkab) Tuban saat ini adalah tingginya tingkat pengangguran. Sehingga, dengan adanya job fair atau bursa lowongan tenaga kerja ini dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Tuban.

”Kami berharap bursa lowongan tenaga kerja ini dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Tuban. Sehingga, dengan menurunnya tingkat pengangguran tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Tuban,” ungkapnya.

Menurutnya, di Tuban saat ini jumlah pengangguran yang tercatat di Dinsosnakertran Kabupaten Tuban sekitar 35 ribu orang. Selain itu, setiap tahunnya di Tuban ada sekitar 18 ribu siswa yang lulus tingkat SMA, dan kurang dari 50 persen yang melanjutkan ke perguruan tinggi. ”Sehingga, tahun depan penyedia lapangan pekerjaan dapat lebih banyak lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinsosnakertran, Nur Janah dalam sambutannya mengungkapkan, pada bursa lowongan tenaga kerja tahun 2014 ini diikuti oleh 57 perusahaan. Jumlah perusahaan yang mengikuti job fair di Tuban ini meningkat dibandingkan pada tahun 2013 kemarin, yang hanya diikuti oleh 27 perusahaan.

”Dengan meningkatnya jumlah perusahaan yang mengikuti job fair ini diharapkan tenaga kerja yang terserap dapat lebih banyak lagi. Sehingga, akan mengurangi angka pengangguran yang ada di Tuban,” pungkasnya. (duc)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.