Wabup Sidak Unas

kotatuban.com-Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Tuban Noor Nahar Hussein bersama Kapolres Tuban AKBP Ucu Kuspriyadi dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tuban Sutrisno, melakukan sidak (inspeksi mendadak), disejumlah sekolah penyelenggara  Ujian Nasional (UN), Senin (14/4).

Wabup didampingi Kepala Dikpora Tuban tengah melakukan sidak Unas
Wabup didampingi Kepala Dikpora Tuban tengah melakukan sidak Unas

Dalam sidak tersebut, Wabup bersama rombongan mendatangi sejumlah sekolah penyelenggara UN, yakni Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) 4 Tuban, Sekolah Menengah Kejuruan Neegeri (SMK N 3) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tuban.

Wakil Bupati Tuba Noor Nahar Hussein mengatakan, sengaja melakukan sidak bersama Dinas Dikpora di hari pertama pelaksanaan UN. Hal itu untuk mengetahui dan melihat secara langsung proses pelaksanaan UN. Selain itu juga untuk memastikan keamanan dan kerahasian naskah soal yang dikerjakan para peserta.

“Kita melakukan sidak ini, untuk melihat secara langsung jalannya UN, sejauh mana persiapan sekolah. Tadi juga kita lihat secara bersama-sama, bahwa naskah UN masih dalam kondisi tersegel. Naskah UN dari provinsi langsung  diamankan oleh pihak kepolisian,” kata Wabup.

Pantauan kotatuban.com dilapangan, setiap kelas ditempati 20 peserta ujian, sesuai paket soal yang jumlahnya 20 pekat. Dengan demikian masing-masing anak mengerjakan soal yang berbeda, sehingga kecurangan antar siswa bisa dihindari.

“Setiap ruang kelas maksimal diisi dua puluh peserta UN, tidak boleh melebihi, karena naskah UN berjumlah dua puluh dengan komposisi yang berbeda,” sambung Wabup.

Wabu berharap, ujian berjalan aman tanpa kendala, serta tidak ditemukan kecurangan dalam bentuk apapun.

Dia juga berpesan kepada seluruh peserta untuk tidak mempencayai segala bentuk bocoran kunci jawaban, karena itu sudah dapat dipastikan perilaku oknum   tidak baik yang akan menjerumuskan peserta.

“Kalau ada selebaran terkait jawaban UN, baik via sms atau yang lain, jangan dipercaya sama sekali. Semoga UN kali ini berjalan aman, lancar, dan memuaskan tingkat kelulusannya,”pungkas Wabup. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.