Layanan Puskesmas Rawat Inap Sering Dikeluhkan

image
Kepala Dinas Kesehatan dr Saiful Hadi

kotatuban.com-Pelayanan kesehatan di sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sering dikeluhkan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Saiful Hadi, mengakui beberapa Puskesmas, utamanya Puskesmas rawat inap memang harus diberikan pembinaan lantaran seringnya dikeluhkan oleh masyarakat.

Puskesmas dengan fasilitas rawat inap kerap dilaporkan masyarakat lantaran pelayanan yang diberikan dianggap kurang maksimal. Di luar jam kerja kantor, banyak tenaga Kesehatan (PNS) yang tidak berada di Puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan, hingga dokter yang jarang berapa di Puskesmas.

“Kita sudah berusaha memberikan pelayanan dengan baik, namun, masih saja ada keluhan terutama Puskesmas rawat inap. Akan kita tegur nanti Puskesmas yang seperti itu,” terang dr Saiful.

Sesuai aturan, Puskesmas dengan fasiltas rawat inap harus buka selama 24 jam, dan petugas medis, PNS untuk tugas jaga selama 24 jam yang diatur sesuai ketersediaan tenaga di Puskesmas, kemudian on call (siap siaga) selama 24 jam untuk Puskesmas rawat jalan. Hal itu untuk mewujudkan terciptanya pelayanan kesehatan prima di Kabupaten Tuban.

“Kita tidak mau menyebutkan mana Puskesmasnya, namun, ada beberapa Puskesmas rawat inap kita yang menjadi sorotan, dan perlu diberikan pembinaan, ada juga yang sudah sering kita tegur, tapi, masih saja seperti itu,” kata Saiful.

Saiful berharap, seluruh Puskesmas terutama dengan fasiltaas rawat inap meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Jangan sampai upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan primaa bagi kesehatan masyarakat tidak berjalan maksimal. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban