Lima Desa di Tuban Belum Cairkan DD

image
Kabag Humas dan Media Pemkab Tuban, Teguh Setyabudi

kotatuban.com-Lima desa di Kabupaten Tuban, hingga Mei tahun ini belum menerima pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama yang jumlahnya 60 persen dari total alokasi dana yang didapatkan desa dalam satu tahun.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Media (Humas Media) Pemerintah Kabuaten (Pemkab) Tuban, Teguh Setyobudi mengatakan, belum cairnya dana desa untuk lima desa tersebut dikarenakan pemerintah desa beum mengajukan pencairan Dana Desa.

“Ada Lima desa yang beum cair, karena pemerintah desanya belum mengajukan pencairan untuk alokasi tahap pertama ini, “ kata Teguh, Sabtu (21/05).

Teguh sendiri tidak mengetahui pasti penyebab dan hambatan yang dihadapi desa sehingga belum ada pengajuan pencairan. Padahal sebagian besar desa di Kabupate Tuban sudah cair untuk alokasi pencairan tahap pertama.

Yang jelas, lanjutnya, syarat pencairan DD antara lain desa harus sudah memiliki (Rencana pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD). Kemungkinan penyusunan ini yang belum dimiliki atau masih dikerjakan pemerintah desa.

”Mungkin masih penyusunan makanya belum diajukan, namun kami harap segera dilakukan,” sambung Teguh.

Adapun lima desa yang belum melakukan pencairn itu masing-masing Desa Laju Lor, Kecamatan Singgahan, Desa Talun, Kecamatan Montong, Desa Sawir dan Desa Dikir Kecamatan Tambakboyo serta Desa Paseyan Kecamatan Jatirogo.

“Selain desa yang saya sebutkan itu, dari seluruh desa di Kabupaten Tuban yang jumlahnya 328 desa sudah cair semua,” papar Teguh. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban