Lima Sekolah Diajukan Adiwiyata Mandiri

image
Kabid Pelestarian dan Kemitraan Lingkungan Hidup Tuban, Singgih Suyoto

kotatubab.com-Lima sekolah berbagai jenjang di Kabupaten Tuban 2016 mendatang akan diajukan menjadi sekolah adiwiyata mandiri. Setelah ditetapkan menjadi sekolah dengan predikat Adiwiyata Mandiri. Sekolah berwawasan lingkungan ini akan menjadi pelopor dan pendorong bagi sepuluh sekolah lainnya untuk menjadi sekolah Adiwiyata Pertama.

“Lima sekolah itu adalah SDN Kebonsari 1, SDN Wlutengah, Kecamatan Kerek, SMKN 1 Tuban, SMPN 3 Tuban dan SMPN 1 Tuban. Setelah mandiri, mereka akan merintis 10 sekolah lainnya menjadi sekolah adiwiyata,” ujar Kepala Bidang Pelestarian dan Kemitraan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tuban, Singgih Suyoto, Kamis (31/12).

Singgih menjelaskan, adiwiyata merupakan program Kementerian Lingkugan Hidup. Program untuk mendorong terciptanya kesadaran dan pengetahuan lingkungan sekolah dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

“Kami terus menciptakan sekolah-sekolah dengan wawasan ligkungan, tujuannya untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup melalui edukasi bagi pelajar disekolah,”  katanya.

Disampaikan Singgih, program adiwiyata bertujuan menciptakan lingkungan pendidikan yang nyaman dan berwawasan lingkungan hidup, asri dan sehat. Sehingga dikemudian hari warga sekolah dapat turut bertanggungjawab dalam pelestarian lingkungan hidup di sekitarnya.

“Program adiwiyata berasaskan kebersamaan, kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam,” katanya.

Untuk diketahui, sebelum mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata Mandiri, sekolah harus melewati berbagai seleksi mulai dari tingkat kabupaten (Adiwiyata Kabupaten) provinsi, nasional, kemudian menerima predikat Adiwiyata Mandiri setelah dipandang mampu serta memberikan pengaruh bagi sekolah lain untuk turut berwawasan lingkungan.(kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban