Lindungi Anak dengan Komunikasi

image
AKP Elis Suendayati, Kasubag Humas Polres Tuban

kotatuban.com-Kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur rupanya masih mnjadi persoalan besar di Kabupaten Tuban. Data dari kepolisian hingga triwulan ke tiga, terdapat 20 kasus lebih yang sudah ditangani Unit Perlindungan Anak dan Perempuan (UPPA) Polres Tuban. Hal itu menunjukan anak-anak masih menjadi sasaran empuk bagi pelaku kejahatan seksual

Kurangnya komunikasi orang tua dan anak, dianggap sebagai faktor utama terjadinya kasus kekerasan terhadap anak. Pendidikan dan pengetahuan seksual rendah yang dimiliki baik pelaku maupun korban juga memicu terjadinya kekerasan anak.

Ajun Komisaris Polisi (AKP) Elis Suendayati menyebut, orang tua harus bisa melindungi anak-anaknya dari kekerasan seksual. Salah satunya adalah dengan menjalin komunikasi yang baik antara anak dan orang tua. Meskipun ancaman hukum pidana cukup berat bagi pelaku, tetapi masih banyak pelaku yang nekat.

“Salah satu penyebabnya adalah kelalaian orang tua sendiri, karena jalinan komuikasi yang tidak terbina denganbaik,” kata Elis, Kamis (12/11).

Orang tua kerap lalai menjalin komunikasi dengan anak. Komunikasi merupakan cara agar orang tua dapat mendeteksi sedini mungkin kejadian yang mungkin menimpa sang anak. Selain komunikasi juga sebagai sarana tetap dekat dengan sang buah hati.

“Ajak bicara anak-anak kita, supaya dia terbiasa menceritakan apa yang telah dilakukan. Kedekatan orang tua ini yang sebenarnya sangat penting agar kita selalu mendapatkan informasi dari mereka,” jelas Elis.

Selain itu lanjut Elis, komunikasi juga dapat menjadikan anak terlindungi pergaulannya. Membiasakan anak bercerita juga akan melatih anak mendiskusikan setiap persoalan dengan orang tua mereka, terutama yang berkaitan dengan hal baik atau buruk yang ditemui sang anak.

“Kebiasaan berkomunikasi ini akan menjadikan anak lebih terbuka sama orang tua. Dengan begitu kita sebagai orang tua juga akan lebih mudah mengarahkan pergaulannya,” terang Elis.

Elis juga menghimbau warga segera melaporkan jika menemukan kasus kekerasan terhadap anak,  jangan menunda-nunda agar pelaku kejahatan dapat segera diproses. Dan yang paling penting tidak ada korban lain yang menjadi mangsa pelaku kejahatan terhadap anak.

“Kalau ada kasus hukum yang menimpa anak segera laporkan ke pihak yang berwajib,” pungkas Elis. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban