163 Calon Pendamping PKH Ikuti Tes

kotatuban.com– Sedikitnya 163 calon pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Kabupaten Tuban, yang lolos seleksi awal dan seleksi atministrasi, berbondong-bondong datangi Kantor Dinas Sosial Tenag Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Kabupaten setempat. Mereka mendapatkan penjelasan dari kepala dinas sosial sekaligus pengambilan nomor tes, untuk pelaksanaan seleksi lanjutan dan tes wawancara yang akan dilaksanakan pada 30 April di Lamongan.

Calojn pendaping program PKH
Calojn pendaping program PKH

Calon pendamping dari berbagai kecamatan sejak pagi sudah memadati kantor Sosnakertran, yang berada di jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kota Tuban. Mereka semua berasal dari 6 kecamatan yang tahun ini di mendapat jatah formasi perekrutan Pendamping PKH,  yakni Kecamatan, Kerek, Senori, Plumpang, Soko, Bancar dan Kecamatan Semanding.

Kepala dinas Sosnakertran Kabupaten Tuban, Nurjanah mengatakan, tugas utama pendamping PKH adalah mendukung kesuksesan program pemerintah itu dengan baik, sekaligus menjamin, penerima manfaat tersebut sesuai kriteria, karena program PKH sama sekali berbeda dengan program bantuan yang lain seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang diterima setiap warga miskin.

“Jika BLT itu setiap penduduk miskin dapat, Program PKH tidak demikian, karena ini adalah bantuan langsung bersyarat. Selain miskin ada syarat lain. Diantaranya, penerima manfaat harus memiliki anak usia sekolah, ataupun ibu hamil dan sebagainya,” Jelas Nur Janah.

Dari kecamatan yang ada, formasi yang dibutuhkan di enam kecamatan sebanyak, 49 orang pendamping, yang akan mengisi enam kecamatan tersebut, sesuai jumlah RTSM yang ada. “Saat ini ada sekitar 163 calon yang telah menyerahkan berkas, dari sekitar 200 pelamar yang lulus atministrasi secara online,” sambung Nurjanah.

Nurjanah menambahkan, dengan enam kecamatan yang saat ini memulai proses rekruitmen pendamping pKH, seluruh kecamatan di Tuban telah memiliki pendamping PKH, yang jumlahnya disesuaikan jumlah Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang didampingi, dimasing-masing kecamatan. “Rekrut ketiga ini berati seluruh kecamatan sudah ada pendampingnya. Harapan kami seluruh pendamping mampu menjalankan tugasnya dengan baikya. Sehingga program berjalan sesuai harapan.” Imbuh Nurjanah. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.