30 Siswa Antusias Ikuti Sekolah Jurnalistik

kotatuban.com – Sebanyak 30 siswa dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Montong yang berasal dari kelas X dan XI mendapatkan pelatihan jurnalistik, Sabtu (5/4/2014). Siswa yang tergabung dalam anggota Osis, kader Mading, dan kader perpustakaan tersebut mendapatkan pelatihan jurnalistik dari Ronggolawe Pres solidarty (RPS).

Peserta saat praktik wawancara
Peserta saat praktik wawancara

Sekolah jurnalistik yang terselenggara kerjasama antara RPS dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk tersebut telah diselenggaran 9 kali di SMA dan perguruan tinggi yang ada di Tuban. Sedangkan, untuk SMAN 1 Montong merupakan sekolahan yang ke 9 yang dikunjungi para wartawan yan g tergabung dalam RPS untuk bertukar pengalaman dengan para siswa. Tampak, para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sekolah jurnalistik tersebut.

Ketua RPS, Khoirul Huda dalam sambutannya mengungkapkan, seorang wartawan tidak saja mempunyai tugas mencari berita. Namun, yang terpenting adalah menyampaikan informasi yang diperoleh kepada publik. Selain itu, seorang warwan juga mempunyai tugas menghibur kepada masyarakat melalui tulisan-tulisannya. Sedangkan, yang dilakukan RPS di SMAN 1 Montong ini juga salah satu bentuk tugas seorang wartawan, yakni tugas edukasi.

‘’Untuk mengajarkan pengalaman kami, yang selama ini kami peroleh dan berbagi kepada masyarakat termasuk pelajar merupakan salah satu tugas wartawan juga. Sehingga, diharapkan kedepan dengan pelatihan jurnalistik ini dapat muncul wartawan-wartawan yang hadal,’’ ujar jurnalis salah satu surat kabar harian tersebut.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 1 Montong, Sahli, dalam sambutannya mengungkapkan, pihak sekolah merasakan terima kasih kepada wartawan yang tergabung dalam RPS. Pasalnya, RPS telah bersedia mengajarkan kepada para siswa bagaimana cara menulis berita yang bagus dan benar, ditengah-tengah kesibukannya.

‘’Kami berharap setelah pelatihan ini anak-anak lebih giat dalam tulis menulis. Sehingga, nantinya dapat lebih memajukan lagi media yang ada disekolah ini. Selain itu, juga kedepat dapat tumbuh para jurnalis yang handal jebolan dari SMAN 1 Montong ini,’’ tandasnya.

Terpisah, salah satu peserta sekolah jurnalistik, Wawan Sugianto mengatakan, kegiatan sekolah jurnalistik yang digelar RPS tersebut sangat menarik. Pasalnya, siswa tidak saja diberikan teori-teori tentang menulis berita. Namun, juga diberikan bagaimana cara mencari berita, wawancara narasumber, dan banyak lagi pengetahuan tentang jurnalistik yang diberikan para wartawan tersebut kepada para siswa.

‘’Kami berharap pelatihan seperti ini ada lagi. Sehingga, kami bisa lebih mateng lagi dalam mempelajari ilmu jurnalistik,’’ pungkasnya. (kiriman peserta pelatihan jurnalistik siswa kelompok 2 SMAN 1 Montong, Ravena Milanda,  Anis Okatvia, Krisna Novila, Pipit Liana)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.