Antusiasme Siswa SMAN 1 Plumpang Belajar Jurnalistik

Peserta pelatihan Sekolah Jurnalistik serius saat sesi deskusi sebelum praktik menulis berita
Peserta pelatihan Sekolah Jurnalistik serius saat sesi deskusi sebelum praktik menulis berita

kotatuban.com – Tiga puluh siswa dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Plumpang mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar Ronggolawe Press Solidarty (RPS) yang bekerjasama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Sabtu (20/04).

Kegiatan yang diselenggarakan diruang laboratorium sekolahan setempat tersebut  dibuka Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 1 Plumpang, Nuril Huda. Para siswa tampak antusias mengikuti berbagai materi yang terkait dengan jurnalistik. Apalagi, pengetahuan itu bagi siswa merupakan hal yang baru.

Wakil Kepala Sekolah SMAN I Plumpang mengungkapkan, kegiatan yang digelar perkumpulan wartawan yang tergabung dalam RPS tersebut sangat bagus sekali. Selain itu, ilmu tentang jurnalistik akan sangat bermanfaat dengan rencana pembuatan majalah sekolah.

‘’Kalian harus serius dalam mengikuti pelatihan ini. Karena jarang-jarang ada wartawan yang mau memberikan ilmunya dengan mendatangi sekolahan seperti ini,’’ pesan Waka Kurikulum kepada para siswa yang mengikuti pelatihan tersebut.

Sementara itu, Ketua RPS Khoirul Huda saat dikonfirmasi mengungkapkan, untuk sekolah jurnalistik yang diadakan di SMAN 1 Plumpang tersebut merupakan kegiatan jurnalistik ke 12 yang diselenggarakan RPS. Hal tersebut dilakukan untuk trasformasi ilmu yang dilakukan wartawan kepada para siswa. ‘’Kami berharap dengan belatihan ini para siswa dapat lebih memahami ilmu kejurnalistikan.

Terpisah, salah satu siswa Siti Afifah mengatakan, kegiatan ini sangat menyenangkan sekali. Pasalnya, selain mendapatkan pengalaman tentang jurnalistik, para siswa juga mendapatkan banyak ilmu kejurnalistikan dari para wartawan secara langsung. Namun, sangat disayangkan dalam kegiatan tersebut ada 5 siswa yang pulang terlebih dahulu sebelum acara tersebut usai.

‘’Pasti yang pulang menyesal, karena tidak memdapatkan pengalaman dan ilmu baru tentang kejurnalistikan,’’ pungkasnya. (kiriman siswa kelompok 1 : Sri Widyayanti, Umi Hidayatus Sholihah, Koni Siska Handayani, Herviana Linda Asmara, Santika Wahyulina)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.